Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mobil Listrik Wuling Terlaris di China Bakal Dijual di Indonesia Tahun Ini

Tahun 2022 dipilih Wuling untuk meluncurkan mobil listrik pertamanya karena dinilai merupakan momentum yang tepat.
Wuling Motors mengenalkan mobil listrik berukuran kecil yang akan dijual di Indonesia dengan harga terjangkau mulai 2022. /Wuling
Wuling Motors mengenalkan mobil listrik berukuran kecil yang akan dijual di Indonesia dengan harga terjangkau mulai 2022. /Wuling

Bisnis.com, JAKARTA — Wuling pada tahun 2021 merajai pasar mobil listrik di China. Model Hong Guang Mini EV pada tahun lalu mencetak rekor penjualan dengan pengiriman ke konsumen lebih dari 500.000 unit.

Adapun pada GIIAS 2021, Wuling menampilakan Hong Guang Mini EV di pameran tersebut dan mengatakan akan menghadirkan mobil listrik mini ini pada tahun ini. 

Vice President Wuling Motors Indonesia Han Dehong mengatakan Hong Guang Mini EV adalah mobil listrik yang menggunakan platform berkonsep Global Small Electric Vehicle (GSEV). Rencanaya pada tahun ini Wuling Indonesia akan mulai produksi dan menjualn mobil listrik dengan konsep GSEV tersebut. 

“Keberhasilan platform Wuling GSEV di negara asalnya serta permintaan dari pasar global telah memotivasi Wuling untuk menghadirkan produk listriknya dan berpartisipasi dalam pengembangan ekosistem EV di Indonesia,” tambah Han Dehong usai mengenalkan mobil listrik GSEV di GIIAS 2021.

Tahun ini dipilih Wuling untuk meluncurkan mobil listrik pertamanya karena dinilai merupakan momentum yang tepat. Industri otomotif, khususnya kendaraan listrik membutuhkan waktu untuk mengkaji dari segi produksi hingga pasar. Oleh karena itu Wuling membutuhkan waktu untuk melakukan riset agar mobil listrik yang nantinya diluncurkan sesuai dengan pasar Indonesia. 

Han Dehong menambahkan bahwa pasar mobil listrik di Indonesia sangat besar. Pun pemerintah memiliki keinginan kuat untuk mendorong ekosistem kendaraan listrik dengan berbagai kebijakan yang memberikan stimulus kepada konsumen. 

Soal harga, Wuling, belum mau memberikan bocoran. Akan tetapi Dehong memastikan harga mobil listrik GSEV sudah pasti terjangkau. "Akan kami umumkan nanti [harga]," katanya.

Sebagai informasi, platform GSEV telah digunakan untuk produksi mobil listrik Wuling E100 di China. Mobil ini, jika dirupiahkan memiliki harga jual antara Rp60 juta hingga Rp120 juta. 

Adapun, selain harga yang mahal, satu isu lain soal mobil listrik adalah infrastruktur pengisian daya. Dehong memastikan mengisi ulang baterai mobil listrik GSEV bisa dilakukan di rumah tanpa harus memakan beban listrik yang berlebihan.

"Ini seperti menambah AC di rumah, tidak ada masalah," katanya.

Sementara itu, Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman Luhut Binsar Pandjaitan meminta secara khusus meminta Wuling dapat memproduksi mobil listrik murah di Indonesia. "Mahalnya harga menjadi tantangan kita. Seperti mobil Wuling itu kita minta harganya ya sekitar Rp150 juta agar menjadi mobil rakyat," katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper