Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Bulan Ini Waktu Terbaik Beli Toyota Rush, Ini Penyebabnya

Pada tahun depan harga mobil Toyota Rush akan melambung seiring dengan aturan tarif PPnBM baru dan berakhirnya program PPnBM Ditanggung Pemerintah. 
Toyota Rush. /Toyota
Toyota Rush. /Toyota

Bisnis.com, JAKARTA — Desember 2021 kemungkinan menjadi periode harga mobil baru Toyota Rush dipasarkan dengan harga antara Rp259,4 juta hingga Rp280,9 juta. Sebagaimana diketahui mobil LSUV ini mendapatkan diskon PPnBM 100 persen hingga 31 Desember 2021. 

Pada tahun depan harga Toyota Rush akan melambung seiring dengan aturan tarif PPnBM baru dan berakhirnya program PPnBM Ditanggung Pemerintah. 

Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy menyatakan bahwa Toyota Rush pada tahun depan akan dikenakan PPnBM sebesar 20 persen. Itu artinya PPnBM yang dikenakan terhadap Toyota Rush lebih tinggi dibandingkan dengan sebelum adanya insentif pembebasan pajak barang mewah oleh pemerintah tahun ini.

Berdasarkan aturan PPnBM yang sebelumnya, seluruh mobil penumpang, kecuali sedan dikenakan PPnBM 10 persen. Akan tetapi aturan baru mengatur besaran tarif PPnBM berdasarkan emisi karbon.

Mobil penumpang dengan kapasitas kurang dari 10 orang dengan kapasitas mesin kurang dari 3.000 cc akan dikenakan tarif PPnBM mulai dari 15 persen hingga 40 persen sesuai dengan konsumsi bahan bakar dan kadar emisi karbon.

Dalam hal itu, Toyota Rush, masuk dalam kategori mobil bensin dengan konsumsi BBM kurang dari 11,5–15,5 km/liter dan emisi karbon 150–200 g/km yang dikenakan tarif PPnBM 20 persen. 

Mobil penumpang bensin kurang dari 3.000 cc dapat dikenakan tarif paling rendah atau 15 persen jika konsumsi BBM kurang dari 15,5 km/ liter dan menghasilkan emisi karbon kurang dari 150 g/km.

PPnBM berdasarkan emisi karbon dikeluarkan pemerintah dalam rangka mempercepat transisi mobil listrik. Hanya mobil listrik murni yang mendapatkan pembebasan PPnBM. 

Adapun selama periode diskon PPnBM, TAM mencatat Toyota Rush sebagai mobil yang paling tersengat insentif fiskal tersebut. Marketing Planning & New Business Divission Head TAM Lina Agustina mengatakan penjualan Toyota Rush naik 91,2 persen dibandingkan dengan tahun lalu. Secara total, seluruh model Toyota yang mendapatkan diskon PPnBM naik 107,6 persen. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper