Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ada Omicron, Gaikindo Berharap Covid-19 Dapat Dikendalikan Tahun Depan

Sepanjang 2021, hingga Oktober, penjualan ritel atau dari dealer ke konsumen mencapai 677.333 unit atau tumbuh 49,3 persen secara tahunan. Gaikindo memproyeksikan akhir tahun ini penjualan domestik dapat mencapai 850.000 unit, seiring dengan adanya stimulus PPnBM dari pemerintah. 
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 29 November 2021  |  16:50 WIB
GIIAS 2021 menjadi simbol kebangkitan industri otomotif dalam negeri setelah dihantam kuat oleh pandemi Covid-19 sejak tahun lalu..  - Bisnis/Muhammad Khadafi
GIIAS 2021 menjadi simbol kebangkitan industri otomotif dalam negeri setelah dihantam kuat oleh pandemi Covid-19 sejak tahun lalu.. - Bisnis/Muhammad Khadafi

Bisnis.com, JAKARTA — Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia atau Gaikindo berharap pada tahun depan penyebaran kasus Covid-19 bisa dikendalikan agar industri otomotif dapat kembali seperti sebelum pandemi.

"Harapan kami pandemi Covid-19 bisa terus dikendalikan, bisa menurun, dan bersih di Indonesia tentunya juga bukan di indonesia untuk dunia juga, karena kita pun menjual kendaraan kendaraan kita ke luar negeri. Kalau di luar negeri tujuan ekspor ada Covid otomatis akan menurun juga ekspor kita," ujar Yohannes kepada Bisnis dalam wawancara khusus.

Yohannes mengatakan dengan terkendalinya pandemi Covid-19 , secara langsung akan menggerakkan ekonomi. "Dengan terkendalinya covid otomatis ekonomi bergerak , kita kembali normal otomatis penjualan mobil kembali naik otomatis industri otomotif tumbuh," jelas Yohannes.

Yohannes pun mengatakan industri otomotif seperti lokomotif industri, di mana dengan bergeraknya otomotif akan menggerakan industri komponen dan pembiayaan

"Pembayaran kendaraan, asuransi juga kembali tumbuh dan otomatis infrastruktur seperti jalan tol itu dibikin dan khusus untuk Mobil. Jadi kalau mobilnya nggak tumbuh kasian jalan tolnya nggak dipake," 

Yohannes pun mengatakan pihaknya mengapresiasi pemerintah dalam upaya mengantisipasi penyebaran Covid-19, khususnya varian terbaru saat liburan natal dan tahun baru.

"Maka saya appreciate antisipasi pemerintah misalnya mendekati natal dan tahun baru itu mungkin akan diperketat lagi , supaya pergerakan tidak terlalu bebas dan pesta-pesta bisa dikendalikan," kata Yohannes.

Adapun sepanjang 2021, hingga Oktober, penjualan ritel atau dari dealer ke konsumen mencapai 677.333 unit atau tumbuh 49,3 persen secara tahunan. Gaikindo memproyeksikan akhir tahun ini penjualan domestik dapat mencapai 850.000 unit, seiring dengan adanya stimulus PPnBM dari pemerintah. 

Dari daftar lima merek dengan penjualan tertinggi, Mitsubishi mencatat pertumbuhan tertinggi sepanjang Januaro–Oktober 2021. Pengirman mobil ke konsumen dari pabrikan berlogo tiga berlian ini tumbuh 94,7 persen secara tahunan atau menjadi 40.366 unit. 

Secara volume, penyumbang terbesar pertumbuhan penjualan mobil tahun ini adalah Toyota. Penguasa pasar mobil Tanah Air ini berkontribusi 84.066 unit terhadap kenaikan penjualan secara nasional. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif gaikindo penjualan mobil
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top