Mitsubishi Fuso Perkuat Posisi Pemimpin Pasar

Mitsubishi Fuso mengungkapkan sejumlah langkah yang dilakukan untuk beradaptasi dalam pergeseran pasar akibat pandemi.
Foto: dok. Mitsubishi Fuso
Foto: dok. Mitsubishi Fuso

Bisnis.com, JAKARTA - Keunggulan operasional (operational excellence) menjadi salah satu kekuatan utama Mitsubishi Fuso sebagai pemimpin pasar. Hal itu ditegaskan kembali dalam gelaran Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021 yang diikuti PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) sebagai distributor resmi kendaraan niaga dari Mitsubishi Fuso Truck and Bus Corporation (MFTBC).

Dalam acara tersebut Mitsubishi Fuso mengungkapkan sejumlah langkah yang dilakukan untuk beradaptasi dalam pergeseran pasar akibat pandemi. Salah satunya melalui digitalisasi untuk merespons perubahan pola hidup masyarakat di tengah pandemi.

Terkait upaya tersebut, Mitsubishi Fuso telah memasang sistem telematikanya sendiri yang disebut Runner sejak 2017.

Runner dilengkapi GPS dan engine starter kill yang memungkinkan pelanggan untuk memantau lokasi kendaraan dan situasi kendaraan seperti tekanan ban dan sisa bahan bakar. Dalam keadaan darurat, mereka dapat mengaktifkan fungsi engine starter kill dari jarak jauh dengan memeriksa lokasi truk dengan GPS.

Presiden Direktur PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors Naoya “Rocky” Takai mengatakan semua truk Mitsubishi Fuso yang dijual sejak 2017 telah dilengkapi dengan Runner dan sekarang 144.000 unit truk dengan Runner berada di jalan Indonesia.

“Selain itu, Mitsubishi Fuso baru-baru ini memperkenalkan aplikasi baru yang disebut Runner Driver yang dibuat khusus untuk pengemudi truk untuk memantau pesanan pekerjaan, kondisi kendaraan, perilaku pengemudi, dan laporan kinerja,” ujarnya dalam sambutannya pada Press Conference Mitsubishi Fuso di GIIAS 2021.

Selain itu, Mitsubishi Fuso secara serius melibatkan ekosistem digital dengan meluncurkan official store di Tokopedia dan Monotaro. Adapun, telah tercapai penjualan lebih dari 1.000 truk Mitsubishi Fuso melalui Tokopedia sejak diluncurkan pada 2020.

Untuk memperkuat posisi sebagai pemimpin pasar, Mitsubishi Fuso juga memperkenalkan New Mining Spec terbarunya.

“Unit ini telah dilengkapi dengan OEM power take off [PTO], radiator guard, dan rotary lamp yang dirancang khusus untuk memenuhi kebutuhan di industri pertambangan,” imbuh Rocky.

Sejalan dengan itu, Mitsubishi Fuso juga menyatakan kesiapannya untuk menyongsong regulasi Euro 4 mulai 2022. Dengan DNA Mitsubishi Fuso yang kuat, terbukti berpengalaman di mesin common rail, dan peningkatan spek, Mitsubishi Fuso yakin varian Euro 4-nya akan diterima pasar Indonesia.

Mitsubishi Fuso pun berusaha sebaik mungkin untuk memastikan fase transisi dari Euro 2 berjalan lancar dengan didukung oleh 220 jaringan dealer terbesar di seluruh Indonesia.

Selain Euro 4, Pemerintah Indonesia juga tengah fokus pada kendaraan listrik. Meskipun truk listrik masih sangat terbatas di Indonesia, Fuso adalah pemimpin truk listrik di dunia.

Truk listrik pertama Fuso pertama kali diperkenalkan pada 2016. Unit pertama dikirimkan pada 2017 dan lebih dari 200 unit eCanter dikirimkan ke beberapa wilayah di Jepang, Eropa, dan AS.

Sebagai pelopor truk listrik, FUSO telah menetapkan visi untuk mempercepat transportasi elektrifikasi dan nol emisi di industri kendaraan komersial dan Mitsubishi Fuso yakin cepat atau lambat Indonesia akan memiliki visi yang sama.

Adapun, selama 51 tahun keberadaannya di Indonesia, Mitsubishi Fuso telah menjual sebanyak 1,32 juta unit (hingga Oktober 2021). Hal ini menobatkan Mitsubishi Fuso sebagai populasi truk terbesar di Indonesia. Mitsubishi Fuso juga telah melayani 520.000 pelanggan yang mempercayai Mitsubishi Fuso.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Media Digital
Editor : Media Digital
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

# Hot Topic

Rekomendasi Kami

Foto

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper