Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Begini Impresi Melihat Langsung Calon Mobil Listrik Termurah di RI

Mobil listrik mungil Wuling yang dipamerkan di GIIAS 2021 digadang-gadang bakal menjadi mobil listrik paling murah di Indonesia.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 13 November 2021  |  18:56 WIB
Wuling Motors mengenalkan mobil listrik berukuran kecil yang akan dijual di Indonesia dengan harga terjangkau mulai 2022.  - Wuling
Wuling Motors mengenalkan mobil listrik berukuran kecil yang akan dijual di Indonesia dengan harga terjangkau mulai 2022. - Wuling

Bisnis.com, JAKARTA — PT SGMW Motor Indonesia (Wuling Motors) memperkenalkan platform mobil listrik berukuran mungil atau Global Small Electric Vehicle (GSEV) pada pameran otomotif Gaikindo Indonesia International Auto Show (GIIAS) 2021. Mobil yang digadang-gadang menjadi mobil listrik paling murah di Indonesia ini memiliki spesifikasi mumpuni untuk digunakan di dalam kota.

Di China, Wuling memiliki sejumlah mobil listrik mungil. Satu di antaranya yang dikenal adalah Hongguang Mini, yang telah terjual lebih dari 650.000 unit. Mobil ini bahkan dinobatkan sebagai The Champion of China's New Energy Sales selama 14 bulan berturut-turut.

Jika dilihat dari desainnya, Mobil China ini desainnya mirip Suzuki Karimun, tetapi dengan dimensi lebih kecil. Pada bagian depan, mobil listrik Wuling yang dipamerkan di GIIAS 2021 ini tampil tanpa grille.

Muka mobil ini pun tampak datar dengan panel berwarna chrome hitam alias piano black yang dijepit oleh dua buah headlamp. Di tengah, logo Wuling-nya bisa dibuka untuk akses ke lubang pengecasan.


Tampilan depan mobil listrik Wuling yang dipamerkan di GIIAS 2021. /Wuling

Semetara itu, interior mobil ini memiliki konfigurasi kursi 4-seater. Akan tetapi mobil ini hanya memiliki dua pintu, sehingga tentu akan akses ke kursi bagian belakang agak sulit.

Wuling tidak menyematkan fitur ‘one-touch tumble’ yang akan sangat memudahkan untuk melipat kursi. Dengan demikian, kursi bagian depan harus dilipat secara manual untuk mengakses baris penumpang kedua.

Adapun di China, mobil ini memiliki kapasitas baterai 12,8 kWH dengan jarak tempuh 170 km dengan kecepatan maksimumnya hanya 100 km/jam. Di China mobil ini pun memerlukan waktu sekitar 6,5 jam sampai 9 jam untuk mengisi penuh energi baterainya dari kosong.

Vice President Wuling Motors Indonesia Han Dehong usai mengenalkan mobil listrik platform GSEV di GIIAS 2021 mengatakan bahwa urusan pengisian daya mobil listriknya cukup mudah. "Ini seperti menambah AC di rumah, tidak ada masalah," katanya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik Wuling Motors GIIAS 2021
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top