Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Beda dari Avanza, Veloz Diproduksi Langsung Oleh Toyota

Sebelumnya, Xenia dan Avanza, termasuk varian Veloz diproduksi oleh fasilitas produksi Daihatsu di Indonesia.
Khadijah Shahnaz
Khadijah Shahnaz - Bisnis.com 11 November 2021  |  14:24 WIB
Toyota All New Veloz.  - TAM
Toyota All New Veloz. - TAM

Bisnis.com, JAKARTA — Tidak seperti Avanza, PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) akan memproduksi sendiri Veloz. Sebagaimana diketahui, Avanza merupakan produk kolaborasi Toyota dan Daihatsu yang diproduksi di fasilitas produksi milik Daihatsu, bersama dengan Xenia. 

"Veloz itu memang rencannya kita akan produksi tahun 2022 antara 4.000 sampai 4.500 per bulan untuk domestik," kata Direktur Corporate Affairs TMMIN Bob Azam, Rabu (10/11/2021).

Bob mengatakan bahwa Veloz akan diekspor ke 16 negara, mulai dari Amerika Selatan, Amerika Tengah, dan Asia Tenggara. 

Hal menarik dari Veloz generasi terbaru adalah akan naik kelas menjadi produk global. Artinya mobil ini tidak hanya akan diproduksi di Indonesia saja, tetapi juga di fasilitas produksi Toyota di negara lain. 

"Ini bisa memperkuat posisi Indonesia, bukan hanya basis produksi tapi juga model development. Innova dan Veloz dikembangkan berdasarkan preferensi konsumen Indonesia, yang diterima konsumen negara tujuan ekspor, next level industri otomotif Indonesia," ujar Bob.

Sebelumnya, Toyota Kijang Innova telah lebih dahulu menjadi model global. Mobil yang awalnya dibuat untuk konsumen Indonesia ini kini telah diproduksi di negara lain. 

Adapun PT Toyota Astra Motor (TAM) meluncurkan All New Veloz dan All New Avanza, Rabu (10/11/2021). Kedua mobil ini mendapatkan transformasi total. 

Veloz dan Avanza tidak lagi menjadi mobil varian yang sama. Seperti diketahui, sebelumnya Veloz merupakan varian tertinggi dari Avanza. 

Vice President TAM Henry Tanoto mengatakan bahwa Avanza ditujukan untuk konsumen LMPV yang mengedepankan multifungsi. Sementara itu, Veloz akan fokus padapada sisi emosional konsumen, bermodal tampilan yang lebih berani dan sejumlah tambahan fitur. 

"Kebutuhan mobilitas tidak hanya terkait basic function, namun juga menyesuaikan dengan tren dan perubahan infrastrutkur jalan di Indonesia," kata Henry. 

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif Toyota Astra Motor toyota motor manufacturing indonesia Produksi Mobil
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top