Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Ekspor Mobil CBU Kuartal III/2021 Naik 33,5 Persen Yoy

Capaian ekspor mobil tahun ini, hingga September, telah mendekati perkiraan Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), yakni 250.000 unit.
M. Richard
M. Richard - Bisnis.com 14 Oktober 2021  |  09:23 WIB
Presiden Joko Widodo, dan Presiden Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Cahyono pada acara peluncurkan ekspor mobil Toyota di Jakarta.  - TMMIN
Presiden Joko Widodo, dan Presiden Director PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Warih Andang Cahyono pada acara peluncurkan ekspor mobil Toyota di Jakarta. - TMMIN

Bisnis.com, JAKARTA — Ekspor mobil utuh atau completely built up (CBU) kembali merangkak naik pada September 2021, baik secara bulanan maupun tahunan. 

Berdasarkan data Gaikindo (14/10), ekspor CBU bulanan per September 2021 mencapai 22.399 unit tumbuh 18,4 persen secara bulanan dan 6,5 persen dibandingkan dengan periode yang sama tahun lalu. 

Dengan demikian, total ekspor mobil nasional tahun ini telah mencapai 207.411 unit secara akumulasi atau naik 33,5 persen secara tahunan. Capaian ini sudah mendekati perkiraan Gaikindo yakni ekspor 250.000 unit sampi akhir tahun.

Bila dirinci, ekspor masih dipimpin oleh Daihatsu dan Toyota dengan kontribusi mencapai 63,2 persen, atau mencapai 131.094 unit.

Setelahnya diikuti oleh Mitshubishi dan Suzuki yang sepanjang tahun ini telah mampu membukukan ekspor masing-masing 37.222 unit dan 30.536 unit.

Sementara itu, kinerja ekspor mobil Honda masih tampak tertekan seiring dengan kinerja penjualan di Tanah Air. Perseroan masih terus berupaya menyelesaikan kendala pasokan komponen.

External Affairs General Manager PT Toyota Motor Manufacturing Indonesia (TMMIN) Teguh Trihono sebelumnya menyampaikan kinerja ekspor akhir tahun ditunjang oleh permintaan pasar ekspor yang bergerak kembali membaik seiring menurunnya tekanan pandemi Covid-19. 

Selama Januari hingga Agustus 2021, ekspor CBU Toyota Brand naik 41 persen ke angka 114.000 unit dibandingkan 2020.

"Tentunya kami optimistis ekspor CBU Toyota Brand tahun 2021 dapat lebih baik dibandingkan dengan 2020. Banyak faktor positif yang mendukung," sebutnya kepada Bisnis.

Dia mengakui beberapa sektor industri terdampak isu kelangkaan kontainer dalam transaksi luar negerinya. Namun, TMMIN sejauh ini tidak menemui kendala tersebut sehingga akselerasi kinerja dapat tetap dilanjurkan.

"Untuk isu kontainer ekspor aman kalau di TMMIN," imbuhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif gaikindo Ekspor Mobil
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper
To top