Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mobil Baru Honda di GIIAS 2021, Mobilio atau Rival Toyota Raize?

Berbagai spekulasi bermunculan mengenai mobil yang akan diluncurkan Honda pada GIIAS 2021. Sejauh ini rumor yang beredar adalah Honda Mobilio, Honda HR-V, dan Honda ZR-V.
Satu mobil misterius yang akan diluncurkan Honda di Indonesia. /Youtube Hondaisme
Satu mobil misterius yang akan diluncurkan Honda di Indonesia. /Youtube Hondaisme

Bisnis.com, JAKARTA — Dalam acara peluncuran All New Honda BR-V beberapa waktu lalu, PT Honda Prospect Motor (HPM) memperlihatkan satu mobil misterius yang masih ditutupi selubung. Sejumlah rumor menyebutkan itu adalah penantang Toyota Avanza, yakni Honda Mobilio. Namun ada juga yang mengatakan bahwa mobil tersebut adalah compact SUV Honda ZR-V yang akan mengisi pasar serupa dengan Toyota Raize.

HPM sendiri belum mengungkap model apa yang menjadi mobil baru Honda ini. Namun sepertinya dapat dipastikan mobil tersebut akan diluncurkan pada GIIAS 2021

"Tunggu saja excitement kami berikutnya," kata Direktur Bisnis Inovasi, Penjualan, dan Pemasaran HPM Yusak Billy dalam acara peluncuran All New BR-V belum lama ini. 

Pada awalnya, spekulasi bermunculan mengenai All New Mobilio dan All New HR-V. Maklum saja, kedua mobil tersebut menggunakan platform serupa dengan BR-V. 

Namun dari bagian yang terkespos, mobil dalam selubung tersebut tidak membawa garis desain Mobilio ataupun HR-V. terlihat bagian atapnya terdapat roof rail dan lampu depan LED yang nampaknya menjadi DRL mobil.

Honda ZR-V merupakan sebuah mobil yang benar-benar baru dan belum pernah diluncurkan Honda. Bila GIIAS 2021 menjadi panggung, maka Indonesia kembali menjadi tempat world premiere bagi Honda.

Adapun Honda ZR-V akan bertarung di segmen compact SUV dengan Toyota Raize, Daihatsu Rocky, hingga Kia Sonet. Spekulasi kehadiran ini juga semakin kuat setelah mobil ini resmi terdaftar di Organisasi Kekayaan Intelektual Dunia (WIPO).

Apabila benar mobil tersebut adalah ZR-V yang masuk dalam kelas compact SUV, maka persaingan mobil pada rentang harga Rp200 juta hingga Rp300 juta semakin ketat. Sebagaimana diketahui, segmen ini diisi oleh berbagai model dari jenis LMPV, LSUV, dan kini compact SUV. 

Banyaknya pabrikan mobil yang bermain pada rentang harga Rp200 juta hingga Rp300 juta di Indonesia merupakan hal yang sangat wajar. Pasalnya mobil dengan kisaran harga tersebut adalah yang paling sesuai dengan kemampuan konsumen di Tanah Air. 

Dalam satu kesempatan, Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), menyebut mobil dengan rentang harga Rp200 juta hingga Rp300 juta menguasai pangsa pasar sekitar 40 persen. 

Namun informasi ini belum terkonfirmasi secara resmi dan masih sebuah spekulasi. Semua pihak masih menunggu sejumlah bocoran terbaru terkait mobil baru Honda jelang peluncuran yang dikabarkan akan dilakukan di penghujung 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Tempo
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper