Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Tips Otomotif: Agar Awet, Ini Cara Merawat Pikap Versi Suzuki

Salah satu komponen yang harus dirawat adalah kaki-kaki dan ban. Berikut cara perawatannya.
Suzuki Carry Desain Baru. /Suzuki
Suzuki Carry Desain Baru. /Suzuki

Bisnis.com, JAKARTA — Suzuki Carry pikap merupakan salah satu kendaraan niaga yang memiliki banyak peminat di Indonesia. PT Suzuki Indomobil Sales (SIS) mengimbau para pemilik sebaiknya rutin melakukan perawatan berkala agar performa mobil ini terjaga.

Hariadi, Asst. To Service Dept. Head SIS mengatakan bahwa New Carry menjadi pilihan konsumen karena mobil ini menghadirkan mesin serta bodi yang kokoh dan kuat. Meski demikian, perawatan berkala mobil ini tidak boleh diabaikan.

“Kami berharap pengguna New Carry Pick Up tetap memperhatikan perawatan kendaraan dan kapasitas muatan agar mesin mampu bekerja secara optimal untuk jangka waktu yang lama,” ujar Hariadi dalam keterangan tertulis, yang diterima Bisnis, Kamis (12/8/2021).

Perawatan dimulai dari sektor kaki-kaki yang meliputi spooring & balancing, tekanan, permukaan, serta usia ban. Ini menjadi penting karena bagian kaki-kaki berfungsi menstabilkan pengendalian kendaraan selama digunakan.

Berikut adalah tips merawat ban Suzuki Carry:

1. Tekanan Angin Ban

Jika ban kekurangan tekanan, maka dapat memicu permukaan ban menjadi rusak dan permukaan ban yang bergesekan dengan jalan akan bertambah lebar, sehingga menambah beban mesin dan konsumsi bahan bakar.

Sebaliknya, apabila kelebihan tekanan pada ban maka ban menjadi keras, mengurangi fungsi peredaman, dan akan mempengaruhi fungsi pengereman karena licin. Mengecek tekanan angin ban merupakan salah satu upaya memperpanjang umur ban.

2. Cek Permukaan Ban

Selanjutnya pastikan mengecek permukaan ban. Ganti ban jika permukaannya sudah botak. Mengecek usia ban juga penting dan disarankan tidak menggunakan ban yang sudah kadaluwarsa atau ban yang berusia lebih dari 6 tahun.

3. Spooring dan Balancing

Spooring dilakukan untuk meluruskan kembali dudukan empat roda mobil seperti saat baru keluar dari pabrik, sedangkan balancing dilakukan untuk menyesuaikan atau menjaga keseimbangan pada titik atas bawah atau kiri kanan roda.

Fungsi keduanya sangat penting dalam menjaga kenyamanan dan kestabilan kendaraan, terutama untuk kendaraan komersial yang sehari-hari membawa beban berat.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper