Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

4 Tahun Mengaspal di RI, Wuling Masuk 8 Besar Brand Terlaris

Saat ini, Wuling telah memasarkan 4 produk yakni Confero yang bermain di Low MPV, Cortez (Medium MPV), dan Almaz di segmen SUV.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 18 Juli 2021  |  14:22 WIB
Petugas melakukan perawatan terhadap mobil Wuling yang dijual di salah satu showroom di Jakarta, Minggu (16/2/2020). Bisnis - Arief Hermawan P
Petugas melakukan perawatan terhadap mobil Wuling yang dijual di salah satu showroom di Jakarta, Minggu (16/2/2020). Bisnis - Arief Hermawan P

Bisnis.com, JAKARTA – Produsen asal China, Wuling, genap empat tahun memasuki pasar otomotif Indonesia. Meski masih relatif baru, tetapi penjualan Wuling di Indonesia bisa dikatakan cukup cemerlang.

Berdasarkan data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), penjualan wholesales pada Juni lalu mencapai 2.267 unit. Angka ini menempatkan Wuling di peringkat delapan merek dengan penjualan terbanyak Juni lalu.

Sebaliknya, pada periode Januari - Juni 2021, total wholesales Wuling mencapai 10.973 unit atau 2,8 persen pangsa pasar. Wholesales semester I tahun ini jauh melampaui kinerja periode yang sama tahun sebelumnya sebanyak 1.848 unit, atau melonjak 493,8 persen dengan hanya 0,7 pangsa pasar.  

Untuk penjualan ritel, Wuling juga berada di peringkat ke-8 dengan 1.873 unit. Lalu, total ritel Januari-Juni 2021 mencapai 10.187 unit atau 2,6 pangsa pasar nasional. Penjualan ritel pada semester I/2021 juga tercatat naik 114,5 persen dibanding periode yang sama tahun lalu sebesar 4.749 unit dengan pangsa pasar 1,6 . 

Penjualan ritel dan wholesales semester/I 2021 ini juga lebih tinggi dibanding periode yang sama 2019 saat pandemi Covid-19 belum mewabah. Pada enam bulan pertama 2019, wholesales Wuling hanya 7.767 unit, sedangkan penjualan ritel sebanyak 8.825 unit. Artinya, ada kenaikan 29,2 persen untuk wholesales dan 13,3 persen untuk penjualan ritel. 

Saat ini, Wuling yang memiliki pabrik di Karawang, Jawa Barat, telah memasarkan 4 produk yakni Confero yang bermain di Low MPV, Cortez (Medium MPV), dan Almaz di segmen SUV. Satu lagi produk yang dipasarkan adalah di segmen komersial ringan yakni Formo Blind Van dan Formo Minibus, keduanya dibangun dari flatform Confero. 

Wuling Motors memberikan sejumlah penawaran menarik untuk menarik lebih banyak pembeli, salah satunya adalah melalui Wuling Pay Later. Program ini berlaku hingga 31 Juli 2021 khusus untuk pembelian Wuling Almaz RS. 

Brand and Marketing Director Wuling Motors Michael Budiharja mengatakan metode pembayaran Wuling Pay Later ini dihadirkan untuk membantu calon konsumen agar bisa membeli seri Almaz dan Almaz RS dengan mudah.

"Kami menawarkan metode pembayaran Wuling Pay Later sebagai wujud komitmen kami untuk selalu berinovasi dalam memberikan kemudahan kepemilikan lini produk Wuling," ucap Michael, dikutip dari tempo.co, Minggu (18/7/2021).

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

penjualan mobil Wuling Motors

Sumber : Tempo.co

Editor : Amanda Kusumawardhani

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

To top