Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Penjualan Honda Semester I/2021 Naik 21 Persen karena Brio

Selain Honda Brio, kontribusi penjualan terbesar untuk Honda juga datang dari Honda HR-V 1.5 liter. Namun penjualan Low SUV ini terpaut sangat jauh bila dibandingkan dengan Honda Brio.
Logo Honda di gedung Pabrik Karawang, Jawa Barat. /KEMENPERIN
Logo Honda di gedung Pabrik Karawang, Jawa Barat. /KEMENPERIN

Bisnis.com, JAKARTA — PT Honda Prospect Motor (HPM) mencatat penjualan dealer ke konsumen atau retail pada semester I/2021 naik 21,1 persen secara tahunan menjadi 49.439 unit.

Namun bila dibandingkan dengan kinerja penjualan sebelum pandemi Covid-19 atau tahun 2019, penjualan paruh pertama tahun ini mengalami kontraksi 30,9 persen. 

Adapun capaian penjualan Honda tahun ini tidak lepas dari model Brio Satya dan RS. Kedua mobil ini menyumbang 56 persen terhadap kinerja perusahaan. 

Business Innovation and Marketing & Sales Director HPM Yusak Billy mengatakan bahwa ada perubahan perilaku konsumen ke arah platform online, sehingga  mendorong pertumbuhan segmen first time buyer dan anak-anak muda yang merupakan target market dari Honda Brio.

Selain itu dia juga melihat perbaikan perekonomian nasional. "Sekaligus dukungan pemerintah untuk mendorong industri otomotif, terutama melalui program relaksasi PPnBM yang sangat berdampak terhadap peningkatan penjualan saat ini,” katanya melalui keterangan resmi, Rabu (14/7/2021).

Selain Honda Brio, kontribusi penjualan terbesar untuk Honda juga datang dari Honda HR-V 1.5 liter yang terjual sebesar 8.730 unit sepanjang periode Januari sampai Juni 2021, kemudian Honda CR-V dengan penjualan 3.704 unit, dan Honda Mobilio dengan 3.321 unit.

Model terbaru Honda City Hatchback RS yang baru diluncurkan pada bulan Maret lalu telah mengumpulkan penjualan sebesar 2.141 unit, sementara Honda BR-V terjual sebanyak 1.187 unit, Honda Jazz menyumbangkan penjualan 996 unit di semester ini, Honda HR-V 1.8 liter sebanyak 757 unit, Honda Civic Hatchback sebesar 341 unit, dan Honda Odyssey sebanyak 58 unit. 

Dari segmen sedan, penjualan tertinggi Honda di semester pertama tahun ini datang dari Honda Civic yaitu sebanyak 236 unit, Honda Accord sebesar 121 unit, Honda City sebanyak 55 unit, dan Honda Civic Type R sebanyak 7 unit.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper