Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Pelesir Pakai Suzuki Jimny Baru, AHY: Kangen Jimny Jangkrik

Dalam foto yang diunggah di akun Twitter milik AHY, putra sulung dari Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono ini diketahui sedang berpelesir di Kota Bandung, Jawa Barat, sambil mengendarai Suzuki Jimny generasi teranyar.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 04 Juni 2021  |  17:55 WIB
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengendarai Suzuki Jimny bersama Annisa Pohan.  - Twitter @AgusYudhoyono
Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) mengendarai Suzuki Jimny bersama Annisa Pohan. - Twitter @AgusYudhoyono

Bisnis.com, JAKARTA — Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono atau akrab disapa AHY membagikan foto kebersamaan dengan istrinya, Annisa Pohan.

Dalam foto yang diunggah di akun Twitter milik AHY, putra sulung dari Presiden RI ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono ini diketahui sedang berpelesir di Kota Bandung, Jawa Barat, sambil mengendarai Suzuki Jimny generasi teranyar.

“Salam dari Bandung. Jalan-jalan sama istri tercinta @AnnisaPohan, mengenang masa-masa pertama kenalan di Kota Kembang, sambil nyetir ‘Jimny Jangkrik,” cuit AHY pada Kamis (3/6/2021).

Suzuki Jimny yang dikendarai AHY tampil tidak biasa. Pada sisi pintu, terdapat stiker bertuliskan Overlanding Indonesia. Ini merupakan komunitas yang didirikan AHY untuk mewadahi orang-orang yang gemar menjelajahi nusantara.

Selain itu, dalam cuitannya, AHY turut mempertanyakan asal-usul sebutan ‘Jimny Jangkrik’ terhadap mobil yang dahulu dia gunakan saat awal menjalin hubungan dengan Annisa Pohan. “Ada yang tahu kenapa mobil ini disebut Jimny Jangkrik?” tulisnya.

Dikutip dari laman resmi Suzuki, Jimny generasi pertama, yaitu seri LJ80, rilis di Indonesia pada tahun 1979. Saat itu, Jimny LJ80 yang lebih akrab disebut “Jimny Jangkrik” tersebut dirakit langsung di Indonesia dengan kapasitas mesin 800 cc.

Kehadiran mobil off-road 4x4 ini mendulang sukses dan menjadi salah satu mobil ikonik di Indonesia. Jimny Jangkrik juga memiliki model turunan yang diproduksi hingga tahun 1981, yaitu LJ-80V dan LJ-80Q dengan pintu yang terbuat dari bahan metal.

Kini, Suzuki Jimny tercatat memiliki empat generasi. Generasi terbaru mobil ini hadir pada pertengahan 2019. Tubuhnya tetap mungil, tetapi memiliki daya jelajah mumpuni. Mobil inilah yang digunakan oleh AHY saat jalan-jalan di Bandung.

Jimny generasi terbaru yang berukuran panjang sekitar 3,645 meter dan lebar 1,645 meter ini memang pas digunakan di jalanan kota-kota besar. Kemacetan dan minimnya lahan parkir membuat Jimny mudah bermanuver.

Kehadiran Jimny pun mendapatkan respons positif dari pasar Indonesia sejak diluncurkan pada pertengahan tahun lalu. Permintaan mobil berpenggerak empat roda atau 4x4 tersebut terbilang tinggi di tengah keterbatasan unit.

Wajah dan tampilan keseluruhan yang begitu ikonik membuat para penggemar mobil ini rela mengantre. Harga mulai Rp395,5 juta dan inden hingga 2024 tidak menyurutkan keinginan konsumen.

Jimny dilengkapi dengan mesin yang menghasilkan tenaga 102 PS pada 6.000 rpm dengan torsi 130 Nm pada 4.000 rpm. Jimny generasi keempat diklaim tidak hanya mengandalkan keindahan yang dihasilkan oleh performa, tetapi juga kepraktisan pada fitur-fiturnya.

Fitur-fitur seperti ladder frame, 4WD dengan jangkauan gigi roda rendah dan rigid axle suspension yang diwariskan dari generasi sebelumnya, dikembangkan lebih jauh lagi untuk meningkatkan performa, kenyamanan, dan keamanan saat berkendara.

Dengan penerapan konsep tersebut, desain eksterior Jimny memiliki sudut-sudut tegas yang menjaga kendaraan agar tetap kokoh dan stabil. Beberapa fitur eksterior Jimny juga menggabungkan berbagai elemen yang disematkan pada generasi sebelumnya, sehingga menciptakan tampilan klasik dengan sentuhan lebih modern.

Di sisi interior, Jimny dibuat lebih praktis dengan detail fungsional, seperti panel control, AC auto climate, dan bagasi yang lebih fleksibel. Kelengkapan fungsi menyeluruh itu membuat Jimny terbaru menjadi varian dengan desain terbaik dalam sejarah Jimny.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mobil suzuki annisa pohan agus harimurti Suzuki Jimny
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top