Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Stellantis dan Pembuat iPhone Kerja Sama Bangun Mobil Canggih

Perakit utama iPhone, Hon Hai telah memiliki ambisi masuk ke industri otomotif sejak lebih dari setahun yang lalu.
Stellantis. /Groupe-PSA
Stellantis. /Groupe-PSA

Bisnis.com, JAKARTA — Hon Hai Precision Industry Co., perakit utama iPhone milik Apple Inc., dan pembuat Jeep Stellantis NV akan mengumumkan kemitraan strategis baru.

Aksi korporasi tersebut bertujuan memuluskan langkah kedua perusahaan untuk mengincar kue pasar mobilitas masa depan. Seperti diketahui, selain era kendaraan listrik, industri otomotif juga tengah bersiap menyerap banyak teknologi digital untuk mengintegrasikan antar perangkat.   

Mengutip Bloomberg, Selasa (18/5/2021), Young Liu, ketua unit andalan Foxconn Technology Group, dan Chief Executive Officer Stellantis Carlos Tavares akan mengadakan pertemuan tentang kemitraan mereka. Perusahaan belum memberikan detail lebih lanjut.

Adapun Hon Hai memiliki ambisi masuk ke dalam industri otomotif sejak lebih dari setahun yang lalu. Perusahaan ini sempat mengumumkan rencana untuk mendirikan usaha patungan mobil listrik dengan Fiat Chrysler.

Namun rencana itu tertunda karena adanya merger pembuat mobil dengan PSA Group untuk membentuk Stellantis, yang selesai pada bulan Januari.

Ketika Foxconn dan Fiat Chrysler mengumumkan kerja sama mereka setahun lalu, Liu mengatakan Hon Hai akan mengawasi desain, komponen, dan manajemen rantai pasokan untuk usaha tersebut. Kemitraan baru mungkin awalnya akan fokus pada kolaborasi kokpit pintar atau layanan digital dalam mobil, kata orang-orang yang mengetahui masalah tersebut.

Sementara itu, belum lama ini Suzuki Motor Corporation (Suzuki), Subaru Corporation (Subaru), Daihatsu Motor Co. Ltd. (Daihatsu), Toyota Motor Corporation (Toyota), dan Mazda Motor Corporation (Mazda) mencapai kesepakatan untuk bersama-sama mengembangkan spesifikasi teknis untuk kendaraan generasi mendatang.

Kerja sama tersebut secara khusus meliputi perangkat komunikasi dengan menggunakan layanan terhubung antara mobil. Pabrikan raksasa Jepang ini hendak memberikan standar penyediaan layanan terintegrasi sehingga tercipta ekosistem jalan raya yang aman dan nyaman. 

Mengutip Toyota Global, Rabu (28/5/2021), dalam bidang CASE (connected, autonomous/automated, shared, and electric), yang dikatakan membawa transformasi besar dalam industri otomotif, kemajuan pesat sedang dibuat dalam domain yang terhubung, dalam kaitannya dengan aspek komunikasi dan data teknologi dan bisnis termasuk layanan cloud, IoT, big data, dan AI.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Muhammad Khadafi
Sumber : Bloomberg
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper