Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Biar Awet, Ini Cara Tahu Kapan Waktunya Ganti Oli Motor Matic

Oli pada motor matic memiliki fungsi untuk menjaga performa mesin agar selalu dalam kondisi prima.
Ilustrasi skuter matik. /Worldpress
Ilustrasi skuter matik. /Worldpress

Bisnis.com, JAKARTA — Mengganti oli motor merupakan salah satu hal rutin yang perlu dilakukan pengendara, apalagi setelah menggunakannya seusai berlibur.

Menurut laman resmi Suzuki, manfaat mengganti oli pada motor matic ini di antaranya adalah menjaga performa mesin agar selalu dalam kondisi prima. Performa mesin ini juga akan ditentukan oleh jenis dan kualitas oli yang digunakan.

Manfaat lain yang juga bisa didapatkan dari penggantian oli motor ini adalah menjaga mesin motor agar selalu dalam keadaan bersih. Sebab, sering kali terjadi gesekan pada mesin yang memicu munculnya kotoran, sehingga kualitas oli tetap harus dipertahankan.

Selain mencatat jadwal penggantian motor berdasarkan jarak tempuh, pengemudi juga harus segera mengganti oli motor yang digunakan setelah melewati tujuan atau medan tertentu.

Ada tanda-tanda yang juga harus diperhatikan ketika oli motor sudah harus diganti dengan oli yang baru. Pertama adalah ketika tarikan motor sudah agak berat. Tarikan yang berat ini terjadi karena terlalu sering dikendarai di jalan macet.

“Selain itu, penyebab tarikan motor menjadi berat bisa karena motor selalu dipaksa dalam kecepatan yang tinggi. Kedua hal tersebut juga akan menjadikan oli motor Anda terasa panas,” mengutip laman Suzuki. 

Jangan biarkan hal tersebut terlalu lama, karena akan menyebabkan kinerja motor menjadi berkurang. Oleh karena itu, sebaiknya segera ganti oli motor sebelum terlambat.

Di sisi lain, mengganti oli motor matik dapat dilakukan ketika kendaraan sering dibawa melewati tanjakan. Pasalnya, jalanan menanjak bisa membuat oli di kendaraan menjadi cepat panas karena terlalu sering dipacu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper