Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar SUV Makin Sesak, Bagaimana Strategi Duet Toyota-Daihatsu?

SUV dengan rentang di harga kurang dari Rp300 juta semakin sesak. Toyota dan Daihatsu kembali mengeluarkan produk hasil kolaborasi untuk menjaga dominasi.
Toyota Raize. /global.toyota
Toyota Raize. /global.toyota

Bisnis.com, JAKARTA — Pasar otomotif di Tanah Air kian sesak dengan ragam model SUV. Seperti diketahui, mobil dengan ciri ground clearance tinggi ini telah masuk dalam segmen otomotif entry level hingga premium. 

Terbaru, kompetisi ketat terjadi pada rentang harga Rp200 juta hingga Rp300 juta. Kolaborasi Toyota dan Daihatsu menambah dua mobil SUV 5-seater atau 5 penumpang pada segmen harga tersebut, yakni Raize dan Rocky. 

Direktur Marketing PT Toyota Astra Motor (TAM) Anton Jimmi Suwandy menargetkan bahwa Toyota Raize mampu menorehkan penjualan sebanyak 2.000 unit per bulan. "Insentif PPnBM sangat membantu," katanya di sela acara test drive Toyota Raize, Kamis (6/5/2021).

Dia melanjutkan pasar SUV di Indonesia semakin besar. Pangsa pasar secara nasional pada 2020 sebesar 25,8 persen, naik tinggi dibandingkan kondisi 2017, yakni 15 persen.

Data internal Toyota menunjukan bahwa SUV berkontribusi sebanyak 12,2 persen terhadap penjualan TAM pada 2017. Pada 2020, sumbangsihnya melonjak menjadi 32,2 persen berkat peluncuran Toyota Rush. 

Anton menjelaskan model SUV yang paling populer di Indonesia adalah SUV 7-seater. Namun bukan berarti SUV 5-seater hanya memilki konsumen yang sedikit. 

Nyatanya, sebanyak 40 persen penjualan SUV secara nasional adalah pembeli SUV 5-seater, sedangkan sisanya 7-seater. "Artinya segmen ini tidak kalah menarik. Apalagi dengan Raize, pilihan konsumen bertambah. Semoga bisa menciptakan pasar baru, bukan menggerus yang ada," kata Anton. 

Terlebih, Raize masuk ke dalam ceruk pasar terbesar konsumen otomotif Indonesia, atau memiliki rentang harga di bawah Rp300 juta. 

Anton menjelaskan bahwa Raize hadir untuk melengkapi kekosongan kelas SUV. Seperti diketahui, Rush, penghuni lama LSUV dengan harga di bawah Rp300 juta tidak lagi memiliki varian 5-seater. 

"Saya yakin segmen ini akan banyak yang akan main juga," katanya. 

Oleh karena itu TAM menghadirkan Raize yang memiliki satu keunggulan berupa tampilan kekar ala SUV besar. Raize diklaim akan ikut melengkapi jawaban Toyota, terkait kompetisi sengit SUV dengan harga di bawah Rp300 juta. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper