Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Toyota Starlet Turbo Makin Langka, Awas Banyak Tiruan

Sejak diluncurkan di Indonesia pada 1985 dan dihentikan produksinya tahun 1999, Starlet telah mengeluarkan banyak varian. Di kalangan pecinta mobil lawas Starlet dikenal memiliki dua model klasifikasi. 
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 12 April 2021  |  15:41 WIB
Toyota Starlet GT.  - Auto2000
Toyota Starlet GT. - Auto2000

Bisnis.com, JAKARTA - Para penggemar mobil Toyota tentu tidak asing dengan nama Starlet. Hatchback atau sedan buntung mungil ini sangat populer di Indonesia pada zamannya, bahkan hingga kini.

Sejak diluncurkan di Indonesia pada 1985 dan dihentikan produksinya tahun 1999, Starlet telah mengeluarkan banyak varian. Di kalangan pecinta mobil lawas Starlet dikenal memiliki dua model klasifikasi. 

Pertama adalah Starlet seri kotak untuk menggolongkan mobil yang diproduksi di bawah tahun 1990 dan Starlet seri kapsul untuk merujuk keluaran di atas tahun 1990 baik yang mengusung kapasitas mesin 1.000 maupun 1.300 cc. 

Selain itu, ada juga starlet GT dan Turbo GT yang diimpor secara utuh dari Jepang. Varian tertinggi dari Starlet ini masuk ke Indonesia melalui importir umum. 

"Karena datang melalui importir umum maka jumlah Starlet Turbo di Indonesia sangat terbatas. Bahkan kini bisa disebut langka," tulis keterangan resmi Auto2000, dikutip Senin (12/4/2021). 

Dengan kelangkaannya, tak heran model tersebut masih diburu para penggemarnya. Oleh karena itu, Starlet asal negeri Sakura ini memiliki harga selangit untuk ukuran mobil bekas, yakni bisa tembus hingga ratusan juta. 

Sekilas, Starlet GT atau yang juga terkenal dengan sebutan Toyota Starlet turbo memang sulit dibedakan dengan versi lokalnya. Dari sisi eksterior perbedaannya bisa tampak di beberapa bagian saja. 

Pertama adalah kap mesinnya yang menjadi salah satu ciri khas Starlet Turbo. Toyota merancang kap mesin mobil ini dengan tambahan air scoop di bagian tengahnya. Selain itu, Starlet turbo hadir dalam versi dua pintu, sehingga menambah kuat kesan sporty

Alhasil, tak sedikit para pemilik Starlet produksi dalam negeri mengubah tampilan mobilnya menjadi varian turbo. Hal itu dilakukan dengan pemasangan kap mesin dengan air scoop, lampu depan model bulat, hingga mengubah mobil menjadi 2 pintu serta engine swap biasa dilakoni. 

Jika Anda tengah memburu Starlet GT maka ketelitian wajib dimiliki. Pasalnya, unit tersebut cukup sulit dibedakan jika hanya mengandalkan pengamatan sekilas. 

Dari sisi mesin, Starlet GT Turbo model kapsul aslinya menggunakan mesin berkapasitas 1.300 atau 1.500 cc dilengkapi turbo. Dari mesin tersebut tercatat mampu menghasilkan tenaga lebih dari 130 hp.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif toyota mobil bekas
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top