Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Biar Tidak Celaka, Pelajari Faktor-faktor Keselamatan Naik Motor

Ada banyak faktor yang dapat mengancam keselamatan berkendara sepeda motor, berikut daftarnya dan cara mengatasinya.
Pengendara sepeda motor melaju di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (9/1)./ANTARA-Aprillio Akbar
Pengendara sepeda motor melaju di Jalan MH Thamrin, Jakarta, Selasa (9/1)./ANTARA-Aprillio Akbar

Bisnis.com, JAKARTA – Selain faktor kondisi sepeda motor, banyak unsur penting lain yang memengaruhi keselamatan berkendara. Mulai dari faktor psikologis pengendara dan kondisi alam juga ikut menentukan.

Head of Safety Riding Promotion (SRP) PT Wahana Makmur Sejati (Wahana), Agus Sani, menuturkan bahwa kesiapan dan suasana hati  adalah faktor utama yang berpengaruh pada gaya, pola hingga emosional pengendara ketika di jalan raya. 

“Masalah kerja, rumah tangga dan lainnya, ada baiknya ditinggal disuatu tempat kala kita ingin bersepeda motor, apalagi perjalanan yang jauh,” ujar Agus, dalam keterangan resmi yang diterima Bisnis, Rabu (24/3/2021). 

Menurutnya, menjaga emosi baik dari diri sendiri ataupun adanya gangguan dari pengendara lain di jalan adalah kunci agar pengendalian sepeda motor lebih baik. Untuk itu, hindari pengguna jalan lain yang memang dapat memancing emosi. 

Kondisi kesehatan juga berperan penting pada keselamatan di masa pandemi seperti ini. Kesehatan yang maksimal adalah modal utama pengendara sepeda motor dapat mengendalikan dengan baik kendaraan yang digunakannya. 

Oleh karena itu, usahakan memakai helm berkaca pelindung dan wajib bermasker untuk menghindari kemungkinan kontaminasi di jalanan. 

Faktor lain, kata Agus, kondisi alam, cuaca hingga kondisi jalan yang dilalui juga memiliki peran terhadap timbulnya kecelakaan pengendara motor. Hujan dan angin kencang salah satu kondisi alam yang memberikan efek fatal pada pengendara tanpa kontrol dan kewaspadaan. 

Saat hujan, sebagian besar jalan tertutup genangan air sehingga mengganggu visibilitas dan kesiapan pengendara dalam mengantisipasi lubang jalanan.

Bulan depan yang akan menjadi bulan puasa bagi umat muslim juga perlu disiasati dengan baik bagi pengendara. Kondisi puasa dan mungkin panasnya cuaca dapat mempengaruhi pada konsentrasi berkendara. Pilihlah waktu, rute dan kondisi cuaca yang tetap agar tetap dapat menjalankan ibadah puasa dengan baik. 

Faktor eksternal lain yang membahayakan berkendara motor adalah ancaman aksi begal di jalanan. Pilihan waktu dan rute teraman adalah jawaban terbaik guna menghindari aksi begal. Jika terpaksa berkendara malam hari dengan rute sepi, usahakan untuk mengajak rekan. 

“Beragam faktor baik secara internal dan eksternal yang berpotensi sebabkan kecelakaan. Namun dengan pengetahuan, kewaspadaan dan skill berkendara yang baik, resiko tersebut dapat diminimalisir dengan baik,” kata Agus. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper