Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Canggih, Ada Sepeda Motor Listrik Bisa Bersihkan Udara

Selain sebagai pembersih udara, konsep motor listrik Aether diharapkan dapat menjadi pelopor pengisian daya kendaraan listrik nirkabel.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 23 Maret 2021  |  13:52 WIB
Motor konsep bertenaga listrik, Aether, diklaim mampu menghasilkan udara bersih untuk lingkungan.  - Rideapart
Motor konsep bertenaga listrik, Aether, diklaim mampu menghasilkan udara bersih untuk lingkungan. - Rideapart

Bisnis.com, JAKARTA – Lompatan besar dalam inovasi di sektor otomotif seolah tak pernah berhenti. Kali ini, sebuah konsep sepeda motor bertenaga listrik dirancang tidak hanya untuk mengurangi jejak karbon, melainkan juga mampu membersihkan udara di sekitarnya.

Dikutip dari Rideapart, Selasa (23/3/2021), konsep sepeda motor bernama Aether itu mewujud lewat tangan seorang desainer asal Taiwan, Lin Yu Cheng.

Cheng menghadirkan sepeda motor listrik berdesain futuristik dengan menampilkan dua intake, lubang asupan udara untuk sebuah mesin, yang diposisikan di depan kaki pengendara. Di dalamnya, ada modul filter keramik yang mampu menyaring mikropartikel PM 2.5 dan dapat menghasilkan udara yang lebih bersih dari lubang pembuangan.

Sisi menariknya adalah alih-alih memasok udara bersih itu ke ruang bakar, sistem yang dibuat oleh Cheng akan mengembalikan udara ke lingkungan.

Setelah tiap modul penuh, pengguna dapat mencucinya atau menukarnya dengan filter baru. Kendati desainnya tampak ambisius, pembersih udara yang dipasang pada mesin pembakaran internal masih beroperasi dengan cara yang sama.

Di sisi lain, meski panel yang besar akan berdampak negatif pada aerodinamika, jangkauan, dan berat motor, tetapi ide dari Cheng tidak sepenuhnya buruk. Selain sebagai pembersih udara, konsep Aether diharapkan dapat menjadi pelopor pengisian daya kendaraan listrik nirkabel.

Dengan dua papan pengisi daya nirkabel yang dipasang di bagian bawah roadster, Cheng berharap sepeda motor itu dapat parkir di tempat yang dilengkapi pengisian daya nirkabel dan terisi penuh dalam 30 menit. Namun, sejauh ini teknologi seperti itu belum tersedia.

Konsep Aether juga menangkap beberapa elemen desain yang mudah dikenali. Semisal, posisi hidung motor yang menukik tajam sepintas mirip dengan E-Boxer BMW. Sementara itu, panel bodi mengingatkan kita pada Cybertruck Tesla tetapi versi dua roda.

Kendati kemungkinan besar konsep ini tidak akan direalisasikan dalam waktu dekat, tetapi Aether merupakan gagasan dengan lompatan besar. Ini sekaligus menunjukkan bahwa eksplorasi terhadap kendaraan listrik masih terbuka lebar.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif sepeda motor Sepeda Motor Listrik
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top