Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

CEO Porsche Sebut IPO Bisa Jadi Opsi Menarik

Chief Executive Officer Porsche AG Oliver Blume mengisyaratkan untuk mempertimbangkan penawaran umum perdana atau IPO dari pembuat mobil sport Jerman.
Asteria Desi Kartika Sari
Asteria Desi Kartika Sari - Bisnis.com 20 Maret 2021  |  06:52 WIB
Logo Porsche - Istimewa
Logo Porsche - Istimewa

Bisnis.com, JAKARTA--Chief Executive Officer Porsche AG Oliver Blume mengisyaratkan terbuka untuk mempertimbangkan penawaran umum perdana  atau IPO dari pembuat mobil sport Jerman.

“Saya pikir Porsche bisa menjadi bagian yang menarik untuk memikirkan tentang IPO,” kata Blume seperti dikutip Bloomberg Jerman, Jumat (19/3/2021).

Kendati begitu, dia menyebut bahwa keputusan akhir tidak akan menjadi miliknya. "Kami harus menyerahkannya kepada Volkswagen dan mereka belum memutuskan apa pun," katanya.

Hal tersebut disebut sebagai saah satu cara untuk meningkatkan penilaian pasar saham VW dan membantunya mengejar ketertinggalan seperti Toyota Motor Corp. atau Tesla Inc. Saat ini VW dalam pembicaraan dengan para penasihat untuk mempelajari manfaat dari IPO Porsche yang potensial.

CEO Volkswagen Herbert Diess mengutarakan gagasan tersebut minggu ini ketika dia mengatakan bahwa pembuat mobil terbesar di Eropa tidak memiliki kebutuhan segera untuk mengumpulkan dana untuk mendorong mahal ke dalam mobil listrik, baterai, dan perangkat lunak.

"Pabrikan Jerman, yang memiliki 12 merek otomotif, menghasilkan banyak uang untuk membayar transisi tersebut," katanya.

Porsche telah menjadi pelopor VW selama pandemi. Pengiriman merek tersebut turun hanya 3 persen tahun lalu, berkat permintaan yang kuat di China,sebagai pasar terbesarnya.

Hal tersebut membantu pabrikan yang berbasis di Stuttgart mempertahankan margin keuntungan dua digit ketika banyak pembuat mobil pasar massal mengalami penurunan dramatis.

Chief Financial Offier Porsche Lutz Meschke pertama kali mengankat potensi IPO pada tahun 2018, dengan mengatakan bahwa langkah seperti itu dapat membuka nilai dan mereplikasi penjualan saham Ferrari NV yang sukses bertahun-tahun sebelumnya. Kendati, musyawarah tersebut tidak mendapat dukungan dari VW pada saat itu.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif mobil ipo porsche

Sumber : Bloomberg

Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top