Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

IIMS Virtual Fase ke-2 Digelar, Bamsoet: Momentum Kebangkitan

Penyelenggaraan pameran IIMS Virtual 2021 fase kedua ini merupakan kelanjutan dan penyempurnaan dari IIMS virtual fase pertama yang telah diselenggarakan pada tanggal 18 hingga 28 Februari 2021 lalu. 
IIMS 2021 menghadirkan sejumlah agen pemegang merek (APM) mobil, seperti BMW, DFSK, Honda, Hyundai, KIA, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi, Toyota, Prestige, Wuling Motors dan Brand X. /IIMS
IIMS 2021 menghadirkan sejumlah agen pemegang merek (APM) mobil, seperti BMW, DFSK, Honda, Hyundai, KIA, Mazda, MG, Mini, Mitsubishi, Toyota, Prestige, Wuling Motors dan Brand X. /IIMS

Bisnis.com, JAKARTA – Indonesia International Motor Show (IIMS) Virtual 2021 fase kedua resmi digelar pada Kamis (18/3/2021). 

Ketua MPR Bambang Soesatyo berharap bahwa IIMS Virtual 2021 ini dapat menjadi penanda kebangkitan industri otomotif Tanah Air, yang sepanjang tahun lalu mengalami tekanan akibat pandemi Covid-19.

“Saya berharap penyelenggaraan IIMS 2021 menjadi momentum kebangkitan industri otomotif nasional,” ujar Bambang Soesatyo atau akrab disapa Bamsoet dalam pembukaan pameran IIMS Virtual 2021 fase kedua, yang digelar secara daring. 

Seperti diketahui, data penjualan mobil baru dari pabrik ke delare atau wholesales tahun 2020 tercatat 532.027 unit atau turun 48,3 persen secara tahunan. 

Penurunan angka penjualan ini juga dialami sektor sepeda motor. Berdasarkan data Asosiasi Industri Sepeda Motor Indonesia (AISI), penjualan sepeda motor tahun 2020 hanya 3.660.616 unit atau turun 43,57 persen dibandingkan dengan 2019.

Bamsoet mengatakan penyelenggaraan pameran IIMS Virtual 2021 fase kedua ini merupakan kelanjutan dan penyempurnaan dari IIMS virtual fase pertama yang telah diselenggarakan pada tanggal 18 hingga 28 Februari 2021 lalu. 

Menurutnya, berkaca pada pameran IIMS Virtual fase pertama, pergelaran kali ini diyakini mampu mencatatkan nilai transaksi optimal. Pada fase pertama, IIMS Virtual 2021 membukukan nilai transaksi sebesar Rp14 miliar selama 11 hari. 

“Meski diselenggarakan secara virtual, tidak berarti menjadi hambatan dalam proses transaksi. Hal ini dibuktikan pada pameran IIMS fase pertama pada bulan Februari kemarin yang telah berhasil membukukan transaksi senilai Rp14 miliar,” tuturnya. 

Dia menuturkan IIMS virtual fase kedua ini merupakan bentuk dari adaptasi dan inovasi guna menggeliatkan kembali industri otomotif. Apalagi, gelaran tersebut beriringan dengan penerapan insentif PPnBM nol persen yang berlaku sejak 1 Maret 2021 hingga Mei 2021.

Presiden Direktur PT Dyandra Promosindo Hendra Noor Saleh berharap melalui IIMS Virtual 2021 fase kedua seluruh pengusaha maupun penggiat otomotif tetap optimistis menjalankan dan mengembangkan program yang mereka miliki. 

“Seiring berjalannya waktu tantangan terus berubah. Saat ini yang bisa kita lakukan adalah melewati berbagai dinamika hambatan yang ada dengan cara bahu-membahu menghadapinya dan berinisiatif memaksimalkan potensi mekanisme digitalisasi,” tuturnya. 

IIMS Virtual 2021 fase kedua dapat diakses seluruh kalangan melalui laman resmi www.indonesianmotorshow.com secara gratis. Pengunjung hanya perlu membuat akun lewat situs tersebut dan bisa terhubung dengan pameran IIMS Virtual. 

IIMS Virtual fase kedua dimulai 18 Maret – 4 April 2021. Puncak dari rangkaian ini adalah pameran IIMS Hybrid pada April mendatang, apabila mendapatkan izin dari pemerintah. Acara di JIExpo Kemayoran ini bakal menggabungkan konsep offline sekaligus online. 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper