Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Honda Brio Kuasai Segmen City Car dan LCGC per Februari 2021

Duet Brio RS dan Satya mencatat penjualan sebanyak 3.361 unit sepanjang Februari 2021, atau 56 persen dari total penjualan Honda sepanjang bulan lalu.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 17 Maret 2021  |  14:20 WIB
Honda Brio Urbanate.  - HPM
Honda Brio Urbanate. - HPM

Bisnis.com, JAKARTA – Honda Brio kembali mencatatkan diri sebagai mobil terlaris di segmen mobil perkotaan dan segmen low cost green car (LCGC) pada Februari 2021.

Berdasarkan data penjualan ritel Honda, duet Brio RS dan Satya mencatatkan penjualan sebanyak 3.361 unit sepanjang Februari 2021. Jumlah itu berkontribusi sebesar 56 persen dari total penjualan Honda sepanjang bulan lalu, yakni 6.018 unit.

Sepanjang Februari, Brio Satya meraih penjualan sebanyak 2.665 unit dengan pangsa pasar 28 persen di segmen LCGC. Sementara itu, Brio RS terjual 696 unit dan menjadi pemimpin pasar city car dengan pangsa cukup dominan, yakni 75 persen.

Kendati demikian, total penjualan ritel Honda sepanjang bulan lalu sedikit tertekan. Menurut data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo), kinerja penjualan Honda per Februari turun 14,9 persen dibandingkan bulan Januari 2021.

Business Innovation and Marketing & Sales Director PT Honda Prospect Motor (HPM) Yusak Billy mengatakan penurunan itu terjadi karena sebagian konsumen menunda pembelian untuk menunggu pemberlakuan relaksasi PPnBM pada Maret.

“Meskipun demikian, performa penjualan Honda Brio masih cukup baik dan menjadi penopang penjualan bulan lalu. Kami optimistis penjualan bulan Maret meningkat karena pemberlakuan relaksasi PPnBM,” ujar Billy, Rabu (17/3/2021).

Sementara itu, Honda juga mencatatkan peningkatan penjualan untuk model CR-V, yang pada 18 Februari 2021 mengalami penyegaran. CR-V pada bulan lalu terjual 683 unit, naik 21 persen dibandingkan Januari 2021.

Model lain yang memberikan kontribusi untuk penjualan Honda adalah HR-V 1.5 L yang terjual sebanyak 686 unit. Honda Jazz mencatatkan penjualan 606 unit dan menjadi market leader di segmen hatchback dengan pangsa pasar sebesar 38 persen.

Mobilio juga berkontribusi dengan membukukan penjualan 290 unit, HR-V 1.8 L sebanyak 162 unit, BR-V 90 unit, Honda Civic Hatchback 73 unit, dan Honda Odyssey 3 unit.

Pada segmen sedan, Honda Civic Sedan meraih penjualan sebanyak 33 unit dan memimpin pangsa pasar sebesar 51 persen. Masih di segmen yang sama, Honda City Sedan terjual 18 unit, sementara Honda Accord meraih penjualan 13 unit.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif honda Honda Brio
Editor : Muhammad Khadafi

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top