Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bukan GM atau Ford, BMW Klaim Ekspor Mobil Terbanyak dari AS

Bukan GM atau Ford, BMW kembali menjadi pengekspor mobil terbesar dari Amerika Serikat pada 2020. Mengandalkan pabrik di Spartanburg di South Carolina, pabrikan merek Eropa ini pada tahun lalu berhasil mengapalkan 218.820 unit mobil dari AS senilai lebih dari 8,9 miliar dolar.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 16 Februari 2021  |  10:55 WIB
Ekspor mobil BMW dari AS. Portofolio model mencakup lima model BMW X: X3, X4, X5, X6 dan X7; empat model Motorsport X dan dua model X hibrida plug-in.  - BMW
Ekspor mobil BMW dari AS. Portofolio model mencakup lima model BMW X: X3, X4, X5, X6 dan X7; empat model Motorsport X dan dua model X hibrida plug-in. - BMW

Bisnis.com, JAKARTA - Bukan GM atau Ford, BMW kembali menjadi pengekspor mobil terbesar dari Amerika Serikat pada 2020. Mengandalkan pabrik di Spartanburg di South Carolina, pabrikan merek Eropa ini pada tahun lalu berhasil mengapalkan 218.820 unit mobil dari AS senilai lebih dari 8,9 miliar dolar.

Untuk tahun ketujuh berturut-turut, BMW Group memimpin AS dalam ekspor otomotif. BMW Group memproduksi total 361.365 kendaraan di pabrik Spartanburg. Sekitar 218.000 unit ini diproduksi pada paruh kedua tahun ini, menetapkan rekor pabrik baru.

“Mengklaim posisi teratas sekali lagi untuk ekspor otomotif AS adalah hasil langsung dari komitmen dan dedikasi tim Plant Spartanburg selama tahun produksi 2020 yang penuh tantangan,” kata Milan Nedeljkovic, anggota Dewan Manajemen BMW AG yang bertanggung jawab untuk Produksi, baru-baru ini.

Terlepas dari kondisi sulit yang diciptakan oleh pandemi virus korona, pabrik tersebut mampu mencetak rekor produksi baru pada paruh kedua tahun ini. Ini tidak hanya menunjukkan daya tarik yang kuat dari produk, tetapi juga fleksibilitas yang luar biasa dan kemampuan kinerja yang luar biasa dari jaringan produksi.

Varian listrik hibrida plug-in dari dua kendaraan paling populer pabrik juga mencetak rekor produksi pada 2020. BMW X3 xDrive30e dan BMW X5 xDrive45e mencapai posisi tertinggi sepanjang masa masing-masing sekitar 23.000 dan 24.000 unit - terhitung 13 persen dari total total produksi pabrik.

BMW Group telah memproduksi baterai bertegangan tinggi untuk kendaraan listrik di Spartanburg sejak 2015.

Lima negara ekspor teratas dari Plant Spartanburg adalah China (23,3 persen dari volume ekspor), Jerman (12,9 persen), Korea Selatan (7,8 persen), Kanada (6 persen) dan Rusia (5,3 persen).

Kendaraan tersebut diekspor melalui Pelabuhan Charleston (lebih dari 189.000 unit), dan melalui lima pelabuhan tenggara lainnya. Lebih dari 13.000 kendaraan juga diekspor melalui rel.

Plant Spartanburg telah menjadi bagian dari jaringan produksi global BMW Group sejak 1994 dan saat ini memproduksi sekitar 1.500 kendaraan setiap hari, mengekspor lebih dari dua pertiga modelnya ke pelanggan di 125 pasar.

Portofolio model mencakup lima model BMW X: X3, X4, X5, X6 dan X7; empat model Motorsport X dan dua model X hibrida plug-in. Pabrik ini memiliki kapasitas produksi tahunan hingga 450.000 kendaraan dan mempekerjakan lebih dari 11.000 orang.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

BMW Ekspor Mobil
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top