Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Hyundai Rilis Konsep Kendaraan Penjelajah Bulan

Hyundai Motor Group merilis desain ultimate mobility vehicle (UMV) bernama Tiger, yang dirancang sebagai kendaraan tanpa awak dan mampu membawa berbagai jenis muatan ketika melakukan perjalanan di medan menantang.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 10 Februari 2021  |  15:27 WIB
Penjelajah Bulan. TIGER, Transforming Intelligent Ground Excursion Robot.  - Hyundai
Penjelajah Bulan. TIGER, Transforming Intelligent Ground Excursion Robot. - Hyundai

Bisnis.com, JAKARTA – Hyundai Motor Group merilis desain ultimate mobility vehicle (UMV) bernama Tiger, yang dirancang sebagai kendaraan tanpa awak dan mampu membawa berbagai jenis muatan ketika melakukan perjalanan di medan menantang.

Tiger, yang merupakan singkatan dari Transforming Intelligent Ground Excursion Robot, sedang dikembangkan oleh Hyundai Motor Group New Horizons Studio di Mountain View, California, Amerika Serikat.

John Suh, Kepala New Horizons Studio, mengatakan Tiger menjadi jembatan bagi perusahaan untuk berimajinasi tentang bagaimana masa depan dari mobilitas masyarakat.

“Kami terus mencari cara untuk memikirkan kembali desain dan pengembangan kendaraan, serta menentukan kembali masa depan transportasi dan mobilitas,” ujarnya dikutip dari laman resmi perusahaan, Rabu (10/2/2021).

Tiger dirancang sebagai platform yang mampu membawa muatan ke daerah terpencil, seperti daerah bencana alam atau bahkan menjelajahi permukaan bulan atau planet lain. Ini ditunjang sistem penggerak kaki dan roda yang canggih.

Ketika melewati medan yang sulit dijangkau, kendaraan ini bisa memiliki kaki dan berjalan di atas rintangan sambil tetap menjaga muatannya aman.

Selain itu, Tiger memiliki kontrol arah 360 derajat, dan berbagai sensor untuk observasi jarak jauh. Ini juga dimaksudkan untuk menghubungkan ke kendaraan udara tak berawak (UAV), yang dapat mengisi penuh dan mengirimkan Tiger ke lokasi yang tidak dapat diakses.

Konsep Tiger ini juga menampilkan delapan susunan kamera, konektivitas GPS dan 4G. Ada juga dua panel radar penembus tanah untuk eksplorasi.

Konsep serupa sebelumnya telah ditampilkan Hyundai di Consumer Electronic Show (CES) 2019, melalui konsep UMV pertamanya, yakni Elevate. Perbedaannya keduanya terletak pada sistem kemudi, di mana Tiger tidak dirancang tidak memiliki awak.

Menggunakan kombinasi robotika dan teknologi penggerak roda, Elevate, TIGER dan kendaraan lain oleh New Horizons Studio diharapkan dapat mendefinisikan kembali mobilitas kendaraan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

robot Hyundai Motor
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top