Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hyundai Rilis Konsep Kendaraan Penjelajah Bulan

Hyundai Motor Group merilis desain ultimate mobility vehicle (UMV) bernama Tiger, yang dirancang sebagai kendaraan tanpa awak dan mampu membawa berbagai jenis muatan ketika melakukan perjalanan di medan menantang.
Penjelajah Bulan. TIGER, Transforming Intelligent Ground Excursion Robot. /Hyundai
Penjelajah Bulan. TIGER, Transforming Intelligent Ground Excursion Robot. /Hyundai

Bisnis.com, JAKARTA – Hyundai Motor Group merilis desain ultimate mobility vehicle (UMV) bernama Tiger, yang dirancang sebagai kendaraan tanpa awak dan mampu membawa berbagai jenis muatan ketika melakukan perjalanan di medan menantang.

Tiger, yang merupakan singkatan dari Transforming Intelligent Ground Excursion Robot, sedang dikembangkan oleh Hyundai Motor Group New Horizons Studio di Mountain View, California, Amerika Serikat.

John Suh, Kepala New Horizons Studio, mengatakan Tiger menjadi jembatan bagi perusahaan untuk berimajinasi tentang bagaimana masa depan dari mobilitas masyarakat.

“Kami terus mencari cara untuk memikirkan kembali desain dan pengembangan kendaraan, serta menentukan kembali masa depan transportasi dan mobilitas,” ujarnya dikutip dari laman resmi perusahaan, Rabu (10/2/2021).

Tiger dirancang sebagai platform yang mampu membawa muatan ke daerah terpencil, seperti daerah bencana alam atau bahkan menjelajahi permukaan bulan atau planet lain. Ini ditunjang sistem penggerak kaki dan roda yang canggih.

Ketika melewati medan yang sulit dijangkau, kendaraan ini bisa memiliki kaki dan berjalan di atas rintangan sambil tetap menjaga muatannya aman.

Selain itu, Tiger memiliki kontrol arah 360 derajat, dan berbagai sensor untuk observasi jarak jauh. Ini juga dimaksudkan untuk menghubungkan ke kendaraan udara tak berawak (UAV), yang dapat mengisi penuh dan mengirimkan Tiger ke lokasi yang tidak dapat diakses.

Konsep Tiger ini juga menampilkan delapan susunan kamera, konektivitas GPS dan 4G. Ada juga dua panel radar penembus tanah untuk eksplorasi.

Konsep serupa sebelumnya telah ditampilkan Hyundai di Consumer Electronic Show (CES) 2019, melalui konsep UMV pertamanya, yakni Elevate. Perbedaannya keduanya terletak pada sistem kemudi, di mana Tiger tidak dirancang tidak memiliki awak.

Menggunakan kombinasi robotika dan teknologi penggerak roda, Elevate, TIGER dan kendaraan lain oleh New Horizons Studio diharapkan dapat mendefinisikan kembali mobilitas kendaraan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper