Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Fuel Terminal Samarinda Titik Suplai Baru Pertamax Turbo

Pertamina melalui Marketing Operation Region VI Kalimantan meluncurkan perdana gasoline Pertamax Turbo di Fuel Terminal (FT) Samarinda, guna memenuhi kebutuhan dan permintaan konsumen di Kota Samarinda serta Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara pada umumnya.
Petugas melakukan pengisian BBM di salah satu SPBU milik Pertamina. /Pertamina
Petugas melakukan pengisian BBM di salah satu SPBU milik Pertamina. /Pertamina

Bisnis.com, JAKARTA - Pertamina melalui Marketing Operation Region VI Kalimantan meluncurkan perdana gasoline Pertamax Turbo di Fuel Terminal (FT) Samarinda, guna memenuhi kebutuhan dan permintaan konsumen di Kota Samarinda serta Kalimantan Timur dan Kalimantan Utara pada umumnya.

Pertamax Turbo mulai didistribusikan di Samarinda sejak 2018 di 4 SPBU, namun pengiriman pasokan Pertamax Turbo masih disuplai dari Integrated Terminal (IT) Banjarmasin. Pengiriman Pertamax Turbo dari IT Banjarmasin berjarak tempuh 475 Km dan memakan waktu 24 jam serta bergantung pada kondisi cuaca.

Freddy Anwar, Executive General Manager Regional Kalimantan, mengungkapkan minat masyarakat akan BBM Berkualitas jenis gasoline yaitu Pertamax Turbo di Samarinda dan Kalimantan Timur cukup tinggi.

“Bentuk upaya kami dalam mendistribusikan BBM gasoline dengan RON 98 atau kualitas paling tinggi dengan cara mendekatkan titik suplai dari IT Banjarmasin ke FT Samarinda agar ketahanan stok untuk Pertamax Turbo terjaga,” ungkap Freddy seperti dikutip dari siaran pers Pertamina, Senin (1/2/2021).

Bahan Bakar Khusus (BBK) berjenis Gasoline Pertamax Turbo di Kota Samarinda dalam setahun terakhir mengalami peningkatan konsumsi 17 persen atau 616 KL pada 2020 bila dibandingkan dengan 2019 yaitu 528 KL, sedangkan untuk Kalimantan Timur dan Utara mengalami kenaikan 30 persen atau dari 1242 KL pada 2019 menjadi 1616 KL tahun 2020.

Selain konsumsi yang meningkat pada 2020, terdapat penambahan outlet Pertamax Turbo di SPBU seperti di SPBU Kab. Kutai Kartanegara, 1 (satu) outlet SPBU di Kota Samarinda dan 1 (satu) outlet SPBU di Kota Balikpapan.

FT Samarinda telah menyiapkan Sarana Fasilitas berupa tanki storage dengan volume 1000 KL untuk ketersediaan Pertamax Turbo.

Lebih lanjut Freddy menambahkan bahwa dengan adanya stok BBK Pertamax Turbo di FT Samarinda, maka penyaluran akan lebih efektif dan efisien sehingga outlet Pertamax Turbo di SPBU dapat terlayani lebih cepat dan ketersediaan pasokan lebih terjamin.

“Kehadiran Pertamax Turbo di Samarinda sangat sentral karena posisinya berada di ibukota propinsi Kalimantan Timur, dan akan menjadi titik suplai utama untuk melayani masyarakat di wilayah Samarinda, Kukar, Bontang, Kutai Barat, Kutai Timur, bahkan sampai ke Berau dan sekitarnya,” tambah Freddy.

Ketersedian Pertamax Turbo sebagai Top Tier Product di FT Samarinda juga akan berimbas dengan banyaknya outlet Pertamax Turbo di SPBU. Hal ini merupakan jawaban atas harapan pelanggan terhadap bahan bakar berkualitas tinggi, paling tinggi dikelasnya.

“Kalau menggunakan Pertamax turbo pastinya mesin menjadi terawat dan gak gampang rusak, BBM ini sudah support dengan kendaraan yang digunakanya,” kata Budi yang sehari-hari naik motor Kawasaki Ninja ZX 10R.

Pertamax Turbo adalah BBM berkualitas tinggi dengan RON 98 yang lebih unggul dan lebih baik untuk dipergunakan kendaraan. Dengan menggunakan Pertamax Turbo akan membuat mesin menjadi lebih awet, terawat, dan tetap prima.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper