Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Volkswagen Melaju Kencang di Pasar Mobil Listrik, ID3 Terlaris

Volkswagen mencatatkan peningkatan signifikan dalam pengiriman mobil listrik pada 2020. ID.3 melompat langsung ke posisi terdepan pada grafik penjualan di banyak negara di Eropa.
Volkswagen ID3 sedang mengisi daya listrik. /Volkswagen
Volkswagen ID3 sedang mengisi daya listrik. /Volkswagen

Bisnis.com, JAKARTA - Volkswagen mencatatkan peningkatan signifikan dalam pengiriman mobil listrik pada 2020. ID.3 melompat langsung ke posisi terdepan pada grafik penjualan di banyak negara di Eropa.

Brandstätter, CEO Volkswagen Passenger Cars, mengatakan 2020 adalah titik balik bagi Volkswagen dan menandai terobosan dalam mobilitas listrik. Pada 2020, Volkswagen menyerahkan total lebih dari 212.000 mobil listrik atau 158 persen versus 2019, termasuk hampir 134.000 kendaraan listrik baterai atau +197 persen versus 2019.

“Kami berada di jalur yang tepat untuk mencapai tujuan kami menjadi pemimpin pasar dalam kendaraan listrik baterai,” kata Brandstätter seperti dikutip dari keterangan Volkswagen, Kamis (14/1/2021). “Lebih dari perusahaan lain, kami mendukung e-mobilitas yang menarik dan terjangkau.”

Meskipun lingkungan pasar menantang, Volkswagen mengirimkan sekitar 5.328 juta kendaraan di semua sistem penggerak kepada pelanggan di seluruh dunia. Capaian ini menurun sekitar 15 persen dibandingkan dengan tahun sebelumnya.

Pada Desember, merek tersebut melanjutkan sprint terakhirnya menjelang akhir tahun dan hanya sedikit di bawah angka bulanan yang sangat baik dari tahun sebelumnya dengan minus 2 persen.

"Volkswagen menunjukkan kekuatannya pada 2020. Terlepas dari semua pembatasan dalam perdagangan akibat pandemi, kami dapat mempertahankan pangsa pasar global kami dan bahkan memperluasnya di beberapa wilayah," kata Klaus Zellmer, Anggota Dewan untuk Penjualan Mobil Penumpang Volkswagen.

Menurutnya, kinerja itu menunjukkan bahwa Volkswagen memiliki produk menarik yang membangkitkan semangat pelanggan kami dan organisasi dealer yang sangat termotivasi.

Volkswagen menunjukkan ID.3 melompat langsung ke posisi terdepan pada grafik penjualan di banyak negara di Eropa.

Volkswagen Passenger Cars meluncurkan sembilan model hibrida listrik dan plug-in baru pada 2020. Hal ini membawa pangsa kendaraan BEV dan hibrida di Eropa hingga 12,4 persen dari total pengiriman merek - setelah 2,3 persen pada 2019.

Model yang paling populer adalah ID 0,3 dengan 56.500 unit terjual - meski baru masuk pasar pada September - disusul e-Golf2 dengan sekitar 41.300 unit dan Passat GTE3 dengan kurang lebih 24.000 unit.

Sekitar 68.800 unit ID.3 dipesan pada 2020 dan lebih dari 56.500 telah dikirimkan ke pelanggan - termasuk ke sekitar 14.400 pelanggan di Jerman.

"Kami benar-benar tepat sasaran dengan ID.3," kata Zellmer. “Meskipun baru diperkenalkan pada paruh kedua tahun ini, itu langsung menduduki peringkat teratas tangga lagu penjualan di banyak negara.”

Faktanya, ID.3 adalah BEV yang paling sering dikirimkan di Finlandia, Slovenia dan Norwegia pada Desember. Di Swedia, ID.3 sebenarnya adalah mobil terlaris pada Desember 2020 dalam jumlah absolut - apa pun jenis penggeraknya.

Di Belanda dan Jerman, Volkswagen Passenger Cars berhasil melompat ke posisi nomor satu di kendaraan serba listrik selama setahun penuh 2020 - dengan pangsa 23,8 persen di Jerman di pasar BEV dan 23 persen di Belanda.

Terobosan mobilitas listrik juga terlihat di pasar armada Jerman, di mana pangsa pesanan kendaraan BEV dan PHEV meningkat menjadi sekitar 22 persen secara total, naik dari sekitar 2 persen pada 2018 dan sekitar 5 persen pada 2019.

Volkswagen Melaju Kencang di Pasar Mobil Listrik, ID3 Terlaris

Volkswagen menyatakan ID.44 dan hibrida plug-in akan memberikan dorongan tambahan pada 2021.

Mengikuti jejak ID.3, model listrik kedua Volkswagen ID.4 yang diluncurkan secara berturut-turut. Ini adalah mobil listrik pertama merek dunia sebagai SUV yang sesuai dengan tren pelanggan.

Pangsa SUV dari total pengiriman Volkswagen di seluruh dunia naik dari 29,8 persen pada 2019 menjadi 34,8 persen pada 2020.

Klaus Zellmer berkata, “Untuk 2021, kami berencana untuk meningkatkan pangsa pasar global kami. "Selain serangan hibrida yang dimulai pada 2020, model BEV baru juga akan memberikan dorongan di sini."

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper