Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Anda Baru Beli Motor Bekas? Sebaiknya Ganti 3 Komponen Ini

Menurut penjelasan dari Suzuki, konsumen harus melakukan pemeriksaan secara detail sebelum semuanya terlambat. Berikut tiga komponen yang sebaiknya diganti setelah membeli motor bekas:
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 07 Januari 2021  |  21:00 WIB
Buruh angkut menurunkan sepeda motor dari geladak kapal di Dermaga Pelabuhan Tahuna, kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Kamis (15/10/2020).  - ANTARA
Buruh angkut menurunkan sepeda motor dari geladak kapal di Dermaga Pelabuhan Tahuna, kabupaten Kepulauan Sangihe, Sulawesi Utara, Kamis (15/10/2020). - ANTARA

Bisnis.com, JAKARTA — Saat membeli motor bekas, baik di dealer maupun lewat perorangan, umumnya penjual akan menjanjikan performa motor yang siap jalan dan suku cadang yang masih layak pakai.

Bahkan, beberapa dari penjual ada yang berani mengklaim jika kondisi motornya hampir setara dengan yang baru. Namun, tidak semua komponen tersebut benar-benar siap pakai.

Menurut penjelasan dari Suzuki, konsumen harus melakukan pemeriksaan secara detail sebelum semuanya terlambat. Berikut tiga komponen yang sebaiknya diganti setelah membeli motor bekas:

  1. Busi

Komponen ini harganya tergolong murah, tapi berpengaruh besar pada performa motor. Namun, anehnya, banyak orang yang justru lebih suka mengakali busi dengan cara mencuci, mengatur ulang kerenggangan bagian ground, dan elektrodanya.

Untuk sementara, cara ini memang efektif untuk memaksimalkan sistem pengapian. Namun, kondisi ini tidak bisa bertahan lama. Oleh karena itu, segera ganti busi dengan yang baru.

  1. Oli

Beberapa penjual terkadang akan mengganti oli dengan yang baru. Namun, kualitas oli harus dipertanyakan. Jangan sampai oli itu dicampur dengan stempet atau gemuk.

Jika Anda bisa membedakan oli berkualitas dan oli oplosan, periksa bagian ini dan pastikan oli yang digunakan berkualitas. Akan tetapi, jika Anda tidak bisa membedakannya, sebaiknya ganti langsung oli motor dengan merek oli terbaik.

  1. Kampas Rem

Saat membeli motor bekas, biasanya pembeli hanya fokus kepada fungsi rem saja. Namun, sangat jarang mereka memperhatikan kondisi kampasnya. Padahal, kampas merupakan bagian terpenting dari sistem pengereman dan harus diperhatikan dengan serius.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Sepeda Motor Bekas
Editor : Zufrizal
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top