Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Kelamaan Diam di Rumah, Ini 5 Cara Menghidupkan Mobil Mogok

Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar alias PSBB masih diberlakukan di wilayah DKI Jakarta hingga pertengahan Januari 2021.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 05 Januari 2021  |  12:55 WIB
Segera bersihkan kotoran korosi pada kutup-kutup aki. Kotoran akibat korosi tersebut biasanya berwarna putih.  - ExxonMobil
Segera bersihkan kotoran korosi pada kutup-kutup aki. Kotoran akibat korosi tersebut biasanya berwarna putih. - ExxonMobil

Bisnis.com, JAKARTA - Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar alias PSBB masih diberlakukan di wilayah DKI Jakarta hingga pertengahan Januari 2021.

Sebagai warga yang baik, sudah sepatutnya tetap di rumah dan mengurangi aktifitas luar ruangan termasuk mengemudi. Masalahnya, mobil yang kelamaan tidak menyala bisa sulit untuk hidup. Jika demikian kita perlu mengetahui cara menghidupkan mobil mogok.

Berikut adalah lima cara menghidupkan kembali mobil yang mogok menurut Auto2000:

1. Periksa sambungan kelistrikan dan aki

Hal pertama yang perlu diperiksa adalah sambungan-sambungan arus listrik dan termasuk sekringnya. Pastikan tidak ada koneksi yang kendor di jalur starter dan aki karena ini adalah penyebab utama mobil tidak bisa di-starter.

Jika melihat aki kendor, kencangkan terminalnya. Apabila sambungan starter baterai terlihat bagus, periksa kabel positif yang menghubungkan aki. Kabel ini terbagi menjadi dua akord terpisah dengan satu ke alternator dan yang lainnya ke starter.

2. Cek koneksi kabel ground

Jangan sepelekan kabel ground pada sistem aki mobil. Lakukan pemeriksaan pada kabel satu ini dengan memastikannya tidak terkelupas dan tidak terlepas dari dudukan semestinya.

3. Cek kabel selenoid starter

Jika ada suara kasar saat starter dan mesin tetap tidak menyala-nyala, kemungkinan kabel selenoid starter ada masalah. Cek bagian ini dengan saksama.

4. Hilangkan korosi

Korosi bisa terjadi pada kutup-kutup aki. Hal ini sebenarnya suatu hal yang cukup wajar. Namun bukan berarti Anda boleh membiarkannya terjadi.

Segera bersihkan kotoran korosi pada kutup-kutup aki. Kotoran akibat korosi tersebut biasanya berwarna putih. Anda bisa menggunakan sikat kawat untuk membersihkannya.

<<<<<<<5. Jumper

Jika cara di atas tetap tak bisa membuat mobil hidup, maka cara menghidupkan mobil mogok adalah dengan melakukan jumper. Hal ini paling banyak dipilih karena terbukti ampuh dan cepat.

Dalam proses jumper dibutuhkan satu mobil lain yang sehat dan kabel khusus jumper. Posisikan kedua mobil dengan moncong saling berhadapan dan kap mesin terbuka. Hubungkan kabel jumper ke kedua aki mobil dan biarkan beberapa saat.

Barulah coba start mobil Anda yang mogok. Saat mobil telah menyala, lepas kabel jumper secara berurutan demi menghindari arus pendek atau bahkan potensi bahaya lainnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

mogok Tip Merawat Mobil
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top