Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Kelamaan Diam di Rumah, Ini 5 Cara Menghidupkan Mobil Mogok

Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar alias PSBB masih diberlakukan di wilayah DKI Jakarta hingga pertengahan Januari 2021.
Segera bersihkan kotoran korosi pada kutup-kutup aki. Kotoran akibat korosi tersebut biasanya berwarna putih. /ExxonMobil
Segera bersihkan kotoran korosi pada kutup-kutup aki. Kotoran akibat korosi tersebut biasanya berwarna putih. /ExxonMobil

Bisnis.com, JAKARTA - Masa Pembatasan Sosial Berskala Besar alias PSBB masih diberlakukan di wilayah DKI Jakarta hingga pertengahan Januari 2021.

Sebagai warga yang baik, sudah sepatutnya tetap di rumah dan mengurangi aktifitas luar ruangan termasuk mengemudi. Masalahnya, mobil yang kelamaan tidak menyala bisa sulit untuk hidup. Jika demikian kita perlu mengetahui cara menghidupkan mobil mogok.

Berikut adalah lima cara menghidupkan kembali mobil yang mogok menurut Auto2000:

1. Periksa sambungan kelistrikan dan aki

Hal pertama yang perlu diperiksa adalah sambungan-sambungan arus listrik dan termasuk sekringnya. Pastikan tidak ada koneksi yang kendor di jalur starter dan aki karena ini adalah penyebab utama mobil tidak bisa di-starter.

Jika melihat aki kendor, kencangkan terminalnya. Apabila sambungan starter baterai terlihat bagus, periksa kabel positif yang menghubungkan aki. Kabel ini terbagi menjadi dua akord terpisah dengan satu ke alternator dan yang lainnya ke starter.

2. Cek koneksi kabel ground

Jangan sepelekan kabel ground pada sistem aki mobil. Lakukan pemeriksaan pada kabel satu ini dengan memastikannya tidak terkelupas dan tidak terlepas dari dudukan semestinya.

3. Cek kabel selenoid starter

Jika ada suara kasar saat starter dan mesin tetap tidak menyala-nyala, kemungkinan kabel selenoid starter ada masalah. Cek bagian ini dengan saksama.

4. Hilangkan korosi

Korosi bisa terjadi pada kutup-kutup aki. Hal ini sebenarnya suatu hal yang cukup wajar. Namun bukan berarti Anda boleh membiarkannya terjadi.

Segera bersihkan kotoran korosi pada kutup-kutup aki. Kotoran akibat korosi tersebut biasanya berwarna putih. Anda bisa menggunakan sikat kawat untuk membersihkannya.

<<<<<<<5. Jumper

Jika cara di atas tetap tak bisa membuat mobil hidup, maka cara menghidupkan mobil mogok adalah dengan melakukan jumper. Hal ini paling banyak dipilih karena terbukti ampuh dan cepat.

Dalam proses jumper dibutuhkan satu mobil lain yang sehat dan kabel khusus jumper. Posisikan kedua mobil dengan moncong saling berhadapan dan kap mesin terbuka. Hubungkan kabel jumper ke kedua aki mobil dan biarkan beberapa saat.

Barulah coba start mobil Anda yang mogok. Saat mobil telah menyala, lepas kabel jumper secara berurutan demi menghindari arus pendek atau bahkan potensi bahaya lainnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper