Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jelang Libur Nataru, Ini 9 Langkah Cek Kesiapan Mobil

Menjelang libur Natal dan Tahun Baru, aktivitas mengemudi dengan kendaraan pribadi acapkali meningkat. Bagi Anda yang telah memutuskan untuk berlibur di tengah pandemi Covid-19, ada baiknya mengecek komponen mobil agar aman.
Agar mobil tetap prima, perawatan rutin perlu dilakukan. Bisnis/Arief Hermawan P.
Agar mobil tetap prima, perawatan rutin perlu dilakukan. Bisnis/Arief Hermawan P.

Bisnis.com, JAKARTA – Menjelang libur Natal dan Tahun Baru, aktivitas mengemudi dengan kendaraan pribadi acapkali meningkat. Bagi Anda yang telah memutuskan untuk berlibur di tengah pandemi Covid-19, ada baiknya mengecek komponen mobil agar aman.

Mobil dalam kondisi baik tentu memberikan keamanan selama perjalanan jarak jauh. Memastikan kondisi mobil sebelum memulai perjalanan penting dilakukan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak diinginkan.

Mengutip laman resmi Wuling Indonesia, Selasa (22/12/2020), berikut adalah sejumlah langkah untuk memeriksa kondisi mobil sebelum bergegas liburan:

1. Perhatikan oli mesin mobil

Sebelum memulai perjalanan, periksa volume oli mesin dengan mengukur ketinggian oli. Lihat juga lapisan minya di ujung tongkat ukur. Level oli yang tepat harus berada di antara garis L dan F. Jika kurang, tambahkan oli hingga mendekati garis F.

2. Periksa cairan radiator dan reservoir pendingin

Pastikan cairan radiator serta reservoir pendingin dalam kondisi penuh. Periksa pula selang keduanya. Apabila selang bengkak atau retak, segera ganti selang tersebut. Selain itu, pastikan konektor selang ke mesin dan radiator dalam keadaan kencang serta tidak bocor.

3. Periksa filter bahan bakar dan selang

Pastikan selang bahan bakar tidak retak atau bocor. Di sisi lain, pastikan juga filter bahan bakar tidak tersumbat.

4. Cek putaran kipas pendingin mesin

Jika kipas berputar menggunakan sabuk, periksa kondisi sabuk. Jika sudah retak, segera ganti dengan yang baru. Periksa juga tegangan sabuk untuk memastikan kipas berputar secara optimal. Jika kipas menggunakan motor listrik, pastikan komponen itu dalam kondisi baik.

5. Ganti timing belt

Penggantian timing belt didasarkan pada jarak tempuh yang ditunjukkan speedometer. Umumnya pada setiap 50.000 km. Setelah melakukan perjalanan jarak jauh, segera ganti timing belt dengan yang baru, meski tidak ada kerusakan yang berarti.

6. Periksa aki mobil

Aki mobil merupakan salah satu komponen mesin yang penting. Periksa baut terminal baterai dan bersihkan dari kotoran atau noda.

7. Pastikan kondisi ban

Periksa roda mobil apakah ada benda tajam di permukaan yang kemungkinan besar dapat merusak ban. Cek juga permukaannya, apakah masih ada teksturnya atau sudah botak. Selain itu, pastikan juga tekanan ban. Untuk mobil MPV, tekanan ban normal mencapai 30 – 34 PSI.

8. Periksa rem

Periksa level minyak rem di reservoir untuk melihat kemungkinan kebocoran. Cek sistem rem untuk melihat adanya kebocoran selang dan silinder master rem. Jika anda menemukan area basah di bagian dalam pelek, itu mengindikasikan ada kebocoran di silinder roda.

9. Cek kondisi lampu

Periksa seluruh sistem pencahayaan. Pastikan semua lampu berfungsi dengan baik dan menyala secara normal. Jika menemukan lampu yang rusak, segera ganti dengan yang baru.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper