Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

50 Tahun, Suzuki Indonesia Produksi Kendaraan 13,5 Juta Unit

Suzuki Indonesia pada tahun ini genap berusia 50 tahun. Dalam perjalanannya, perusahaan mencatatkan produksi sepeda motor sebanyak 11 juta unit, sementara mobil 2,5 juta unit hingga 2019.
Pabrik Sepeda Motor Suzuki. Saat ini Suzuki telah mempekerjakan 5.000 karyawan, sehingga dinilai berkontribusi pada pengembangan ekonomi di Indonesia. /SIS
Pabrik Sepeda Motor Suzuki. Saat ini Suzuki telah mempekerjakan 5.000 karyawan, sehingga dinilai berkontribusi pada pengembangan ekonomi di Indonesia. /SIS

Bisnis.com, JAKARTA – Suzuki Indonesia pada tahun ini genap berusia 50 tahun. Dalam perjalanannya, perusahaan mencatatkan produksi sepeda motor sebanyak 11 juta unit, sementara mobil 2,5 juta unit hingga 2019.

Seiji Itayama, President Director PT Suzuki Indomobil Sales (SIS)/ PTSuzuki Indomobil Motor (SIM) menuturkan perayaan ulang tahun emas ini sangat istimewa dan berarti bagi keluarga besar Suzuki Indonesia.

“Dari dulu sampai sekarang, kami terus berkarya dan berkomitmen memberikan produk-produk dan layanan berkualitas untuk masyarakat, sehingga saat ini Suzuki bisa menjadi salah satu merek otomotif terbaik di Indonesia,” ujarnya dalam perayaan ulang tahun Suzuki Indonesia, yang disiarkan melalui YouTube, Senin (7/12/2020).

Acara tersebut turut dihadiri Komisaris Suzuki Soebronto Laras, dan Direktur PT SIM Bambang Soebijanto. Selain itu, perayaan ulang tahun ini juga diikuti oleh lebih dari 5.000 karyawan Suzuki dan dealer.

Suzuki memulai bisnis di Indonesia pada 1970. Sejak saat itu hingga 2019, perusahaan telah memproduksi lebih dari 11 juta unit sepeda motor dan 2,5 juta unit mobil. Adapun, penyerapan komponen lokal rata-rata di atas 80 persen, yang dipasok lebih dari 400 perusahaan komponen dalam negeri.

Selain itu, Suzuki Indonesia juga telah melakukan kegiatan ekspor ke 85 negara dengan total volume lebih dari 1,3 juta unit. Semua kegiatan ini telah menciptakan lebih dari 5.000 lapangan kerja untuk masyarakat.

Direktur Jenderal Industri Logam, Mesin, Alat transportasi, dan Elektronika (ILMATE) Taufiek Bawazier dalam video sambutannya mengatakan bahwa Suzuki diharapkan mampu meningkatkan volume produksi untuk pasar domestik dan ekspor lebih dari 45 persen.

“Saya juga berharap Suzuki dapat meningkatkan kualitas dan kapabilitas tenaga kerja nasional dengan cara melakukan transfer teknologi untuk memenuhi kebutuhan produksi desain, dan pengembangan,” ujar Taufiek.

Duta Besar Jepang untuk Indonesia Ishii Masafumi juga berharap Suzuki dapat meningkatkan kontribusinya bagi Indonesia melalui investasi, produksi, dan ekspor. Dia menuturkan, saat ini Suzuki telah mempekerjakan 5.000 karyawan, sehingga dinilai berkontribusi pada pengembangan ekonomi di Indonesia.

“Kami berharap bisnis Suzuki di Indonesia dapat terus berkembang dan hubungan persahabatan antara Jepang dan Indonesia lebih erat,” tuturnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper