Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Simak 6 Cara Mengatasi Knalpot Bocor

Knalpot yang mengalami kebocoran dapat menyebabkan berbagai masalah bagi motor kendaraan maupun pengendara.
Seorang pekerja membawa sejumlah knalpot mobil di pasar suku cadang otomotif/Reuters-Adnan Abidi
Seorang pekerja membawa sejumlah knalpot mobil di pasar suku cadang otomotif/Reuters-Adnan Abidi

Bisnis.com, JAKARTA — Knalpot bocor bisa menyebabkan pembuangan gas sisa pembakaran tidak sempurna dan performa mesin menurun.

Knalpot yang mengalami kebocoran dapat menyebabkan berbagai masalah bagi kendaraan motor kendaraan maupun pengendara. Ada banyak penyebab dari permasalahan knalpot yang mengalami kebocoran ini, salah satu yang paling populer adalah knalpot sudah mulai aus.

Selain itu kebocoran ini bisa jadi disebabkan juga oleh usia kendaraan, hingga perawatan kendaraan yang kurang maksimal. Bahkan, kebocoran pada knalpot juga bisa terjadi akibat kesalahan parker maupun karena benturan batu saat kendaraan melaju kencang.

Seperti dikutip laman resmi Suzuki, berikut adalah cara untuk mengatasi knalpot yang bocor:

  1. Memanfaatkan Lem Besi

Cara mengatasi knalpot bocor yang pertama adalah menggunakan lem besi. Lem besi yang multifungsi ini bisa didapatkan di toko bangunan terdekat. Meski terdengar sederhana, tepi menambal knalpot yang bocor dengan lem besi ini dinilai ampuh.

  1. Memakai Bungkus Rokok

Anda bisa memanfaatkan bungkus rokok bekas untuk memperbaiki knalpot yang mengalami kebocoran. Cara alternatif ini memanfaatkan bungkus rokok bagian dalam kemasannya atau biasa disebut dengan istilah grenjeng.

Selain itu, dibutuhkan lem untuk merekatkan grenjeng pada bagian knalpot yang bocor. Pilihlah grenjeng yang masih bagus dan tidak rusak, setelah itu tempelkan pada bagian knalpot dengan menggunakan lem.

  1. Menggunakan Lem Sealer

Di pasaran, banyak beredar berbagai jenis lem sealer yang bisa Anda gunakan. Namun, untuk menambal knalpot bocor ini tidak bisa menggunakan sembarang lem sealer. Anda perlu memilih lem sealer yang lebih tahan terhadap panas.

  1. Menggunakan Seal Tape Aluminium

Anda pasti pernah melihat panci bocor yang ditambal menggunakan semacam selotip aluminium bukan? Faktanya, seal tape aluminium ini tidak hanya dapat digunakan pada panci saja, tetapi juga dapat digunakan pada knalpot yang mengalami kebocoran.

  1. Las Karbit

Cara mengatasi knalpot bocor yang satu ini sangat mudah untuk diterapkan. Tidak hanya mudah, penggunaan las karbit juga dinilai lebih efisien untuk menambal knalpot. Namun, Anda perlu pergi ke bengkel las terdekat untuk melakukannya.

  1. Menggunakan Lem

Untuk mengatasi kebocoran yang terjadi pada knalpot, Anda membutuhkan bahan yang memiliki daya tahan panas tinggi. Lem tertentu yang dijual dipasaran adalah salah satu produk yang bisa dipilih.

Anda hanya perlu mengoleskan produk lem ini pada bagian yang bocor tersebut. Jangan lupa untuk meratakannya dan cobalah untuk mengaktifkan mesin motor Anda. Mesin dan knalpot yang memanas akan menambah daya rekat dari lem tersebut.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Editor : Zufrizal
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper