Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Begini Cara Menghilangkan Noda Aspal agar Bodi Mobil Mulus

Ada banyak cara untuk menghilangkan noda yang membandel pada mobil anda.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 13 November 2020  |  20:49 WIB
Ilustrasi sebuah tahapan dalam proses mixing material untuk cat kendaraan.  - MMKSI
Ilustrasi sebuah tahapan dalam proses mixing material untuk cat kendaraan. - MMKSI

Bisnis.com, JAKARTA - Noda aspal yang kerap menghiasi bodi mobil terkadang membuat kesal karena noda itu semakin keras dan berisiko merusak lapisan cat mobil.

Tidak jarang pula, noda ini mengotori bumper, grille, rumah spion, dan bawah pintu. Mengutip Auto200, ada empat langkah yang Anda dapat lakukan untuk menghilangkan noda tersebut.

Pertama, cuci mobil sebersih mungkin dengan air biasa. Tujuannya agar debu, kotoran dan noda lainnya luruh. Apabila debu dan kotoran sudah terbasuh, anda akan lebih jelas melihat bagian mobil yang terkena noda aspal.

"Setelah mencuci mobil dengan air, pastikan seluruh bagian bodi luarnya telah kering dengan sempurna. Jangan pernah membersihkan noda aspal apabila mobil anda masih dalam keadaan basah," tulis penjelasan Auto2000 di laman resminya.

Setelah mobil dicuci dan kering, kini bagian mana saja yang terkena aspal akan kelihatan. Biasanya kotoran itu menempel di pelek, bumper, grill, hingga bawah pintu.

Cara menghilangkan noda aspal di bodi mobil adalah menggunakan cairan penetran. Cairan ini banyak dikenal di dunia otomotif sebagai cairan pembersih karat. Bila noda aspalnya belum terlalu kering dan menempel ketat, maka cairan ini bisa membantu.

Langkahnya, semprotkan ke noda aspal di bodi mobil. Diamkan beberapa saat untuk membiarkan cairan meresap, setelah itu usap noda dengan perlahan menggunakan kain lembut.

Catatan lain, jangan pernah menekan atau menggosok permukaan mobil yang terkena aspal secara kasar. Alih-alih noda terangkat, bodi mobil akan tergores dan cat terkelupas. Oleh karena itu, usap secara perlahan bagian noda yang sudah disemprot menggunakan kain lembut.

Apabila noda masih membandel, cara paling ampuh dan paling sering berhasil adalah menggunakan tar remover. Ini adalah cairan khusus yang dipakai untuk menghapus noda membandel pada bodi mobil, termasuk noda aspal.

Namun, berbeda dari yang bisa langsung disemprotkan ke bodi mobil, tar remover wajib disemprotkan pada kain lembut atau busa sebelum diusapkan ke bagian panel bodi mobil.

Usapkan kain atau busa tersebut ke bodi mobil yang kena aspal. Bila noda sudah terangkat dan bodi mobil bersih, segera cuci bagian panel tersebut menggunakan shampo khusus mobil dan bilas dengan air agar tar remover terangkat seluruhnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

aspal Tip Merawat Mobil
Editor : Amanda Kusumawardhani
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top