Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Biden Menang Pilpres AS, GM Percepat Pengembangan Mobil Listrik

General Motors akan mempercepat peluncuran kendaraan listrik baru ke pasar sekaligus membuat langkah besar dalam pengembangan mobil swakemudi, menyusul kemenangan Joe Biden dalam Pilpres AS yang membawa angin segar bagi kendaraan ramah lingkungan.
Chairman and CEO General Motors Mary Barra. GM sedang membangun pabrik seluas 3 juta kaki persegi untuk itu yang terletak berdekatan dengan bekas pabrik perakitan mobil GM dekat Lordstown, Ohio. /REUTERS
Chairman and CEO General Motors Mary Barra. GM sedang membangun pabrik seluas 3 juta kaki persegi untuk itu yang terletak berdekatan dengan bekas pabrik perakitan mobil GM dekat Lordstown, Ohio. /REUTERS

Bisnis.com, JAKARTA - General Motors akan mempercepat peluncuran kendaraan listrik baru ke pasar sekaligus membuat langkah besar dalam pengembangan mobil swakemudi, menyusul kemenangan Joe Biden dalam Pilpres AS yang membawa angin segar bagi kendaraan ramah lingkungan.

CEO General Motors Mary Barra mengatakan perusahaan akan mempercepat pengembangan kendaraan listrik baru ke pasar, serta mengumumkan langkah besar ke depan dalam pengembangan mobil swakemudi (self-driving).

Seperti dilansir USA Today yang dikutip Antara, Minggu (8/11/2020), GM juga membuat kemajuan dalam merekrut dan memanggil kembali pekerja di dua fasilitasnya.

GM mengatakan pihaknya telah mulai mempekerjakan lebih dari 1.000 pekerja di pabrik baterai EV baru di dekat bekas pabrik Lordstown Assembly GM Ohio.

Perusahaan juga akan mulai memanggil kembali para pekerjanya ke Pabrik ZERO di Detroit dan Hamtramck mulai awal tahun depan untuk mengubah fasilitas tersebut untuk membangun kendaraan listrik.

GM telah mengatakan akan membawa setidaknya 20 kendaraan listrik baru ke pasar pada 2023. Dua di antaranya telah hadir, yaitu SUV Cadillac Lyriq, yang akan dipasarkan pada 2022, dan pikap GMC Hummer EV, yang akan memasuki pasar akhir tahun depan.

Barra mengatakan GM akan membawa EV ke pasar lebih cepat daripada yang diantisipasi semula, menyinggung kemitraan strategis dan investasi dalam teknologi karena telah memungkinkannya untuk mempercepat pengembangan produk.

Salah satu kemitraan GM adalah dengan LG Chem dalam usaha patungan Ultium Cells LLC.

Usaha tersebut akan memproduksi secara massal sel baterai Ultium untuk kendaraan listrik dan GM sedang membangun pabrik seluas 3 juta kaki persegi untuk itu yang terletak berdekatan dengan bekas pabrik perakitan mobil GM dekat Lordstown, Ohio.

Sementara itu, untuk perkembangan untuk kendaraan swakemudi, GM mengatakan Departemen Kendaraan Bermotor California memberi Cruise LLC lampu hijau untuk menguji kendaraan tanpa pengemudinya di jalanan San Francisco.

Barra mengatakan kepada analis bahwa mendapatkan izin di San Francisco sangat penting bagi kemampuan GM untuk memajukan bisnis mobil otonom.

"Jika Anda berpikir tentang berbagi tumpangan hari ini, peluang untuk memperoleh keuntungan ada di lingkungan perkotaan yang padat," kata Barra. "Jadi, memiliki kesempatan untuk mengujinya ada jalan menuju komersialisasi dan profitabilitas yang lebih cepat."

Biden menjadi presiden terpilih Amerika Serikat ke-46 setelah meraup 284 suara elektoral atau melampaui minimal 270 suara yang dibutuhkan untuk mengamankan kursi kepresidenan. Pada saat yang sama, sang petahana, Donald Trump hanya mengantongi 214 suara elektoral.

Biden membawa angin segar bagi kendaraan listrik seperti terungkap dalam platform rencana kebijakannya, mulai dari insentif konsumen, pembelian langsung, pengembangan infrastruktur, komitmen energi bersih, hingga insentif bagi manufaktur.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper