Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Bosch eCityTruck, Solusi Powertrain Armada Listrik Perkotaan

Tren kendaraan listrik makin kuat di masa pandemi Covid-19 dan penantian vaksin corona. Untuk mendukung hadirnya truk ringan logistik di perkotaan, Bosch menawarkan solusi sistem penggerak eCityTruck.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 09 Oktober 2020  |  13:18 WIB
Sulit membayangkan jalan-jalan kota tanpa kendaraan pengiriman, pedagang, dan bisnis skala kecil lainnya.  - Bosch
Sulit membayangkan jalan-jalan kota tanpa kendaraan pengiriman, pedagang, dan bisnis skala kecil lainnya. - Bosch

Bisnis.com, JAKARTA - Tren kendaraan listrik makin kuat di masa pandemi Covid-19 dan penantian vaksin corona. Untuk mendukung hadirnya truk ringan logistik di perkotaan, Bosch menawarkan solusi sistem penggerak eCityTruck.

“Dengan solusi powertrain eCityTruck modular kami, kami membuat powertrain berlistrik menjadi ekonomis, ringkas, dan efisien,” kata Uwe Gackstatter, Presiden Divisi Bosch Powertrain Solutions, Rabu (9/10/2020).

Solusi powertrain eCityTruck Bosch memungkinkan mengemudi dengan kebisingan rendah tanpa emisi lokal, bebas emisi karena 100% listrik, dan mudah untuk pengintegrasian.

Solusi powertrain eCityTruck terdiri atas modul kompak, yakni e-axle, yang menggabungkan motor listrik, elektronika daya, dan transmisi dalam satu unit kompak, dan modul penggerak listrik (tanpa transmisi).

Kedua solusi mudah diintegrasikan dan dapat diskalakan untuk kendaraan komersial ringan hingga 7,5 ton. Bergantung pada desain baterainya, mereka memungkinkan jangkauan hingga 200 kilometer, yang berarti bahwa sebagian besar rute pengiriman kurang dari 80 kilometer sehari dapat dengan mudah dijangkau dengan sekali pengisian daya.

Sistem e-axle dari Bosch mengintegrasikan motor listrik, elektronik, dan transmisi dalam satu wadah, sehingga meningkatkan efisiensi kendaraan listrik dan hibrida. Penggerak gandar modular dapat diskalakan dalam kinerjanya dan juga cocok untuk kendaraan komersial ringan. Dengan desain ringkas, e-axle semakin mengurangi kerumitan penggerak listrik dan membuat powertrain berlistrik lebih murah, lebih ringkas, dan lebih efisien.

Seperti e-axle, Electric Drive Module menggabungkan komponen untuk membentuk satu sistem, menciptakan efek sinergi. Motor listrik dan elektronika daya terhubung secara permanen. Ini berarti bahwa sistem dapat digunakan secara fleksibel dalam topologi powertrain berbeda. Kinerja sistem dapat diskalakan dan oleh karena itu dapat disesuaikan dengan jenis dan muatan kendaraan yang berbeda.

Dengan solusi powertrain eCityTruck itu pula, Bosch menyiapkan van listrik untuk pasar massal.

Memang, sulit membayangkan jalan-jalan kota tanpa kendaraan pengiriman, pedagang, dan bisnis skala kecil lainnya - terutama mengingat permintaan barang dan jasa yang terus meningkat. Itulah sebabnya masyarakat membutuhkan powertrains perintis yang sesedikit mungkin membebani warga dan lingkungan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik Baterai Mobil Listrik
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top