Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Masih Lesu, Vietnam Luncurkan Mobil Nasional Vinfast President

Seperti Indonesia, Vietnam mengalami penurunan penjualan mobil sejak awal 2020 akibat dampak pandemi Covid-19. Namun demikian, negeri jiran itu terus berupaya menggeliat, termasuk dengan meluncurkan merek mobil nasionalnya VinFast President.
VinFast President SUV mewah asal Vietnam. ANTARA-CarsCoops
VinFast President SUV mewah asal Vietnam. ANTARA-CarsCoops

Bisnis.com, JAKARTA - Seperti Indonesia, Vietnam mengalami penurunan penjualan mobil sejak awal 2020 akibat dampak pandemi Covid-19. Namun demikian, negeri jiran itu terus berupaya menggeliat, termasuk dengan meluncurkan merek mobil nasionalnya VinFast President.

Berdasarkan data Federasi Otomotif Asean, pada bulan pertama 2020 penjualan mobil di Vietnam rontok hingga 53,3 persen menjadi hanya 15.649 unit. Penjualan di bulan-bulan berikutnya pun tak juga melampaui capaian pada periode yang sama 2019.

Sepanjang Januari-September 2020, penjualan mobil di Vietnam pun anjlok 25,0 persen dibandingkan dengan tiga kwartal pertama 2019 menjadi hanya 151.903 unit. Dibandingkan Indonesia, volume pasar Vietnam tersebut tak lebih dari 22,95 persen.

Untuk memacu penjualan, salah satu yang dilakukan Vietnam adalah menghadirkan model baru. Dikutip dari CarsCoops, Rabu (7/10/2020), VinFast resmi meluncurkan SUV mewah President untuk pasar domestik.

VinFast President, yang telah dipamerkan di Geneva Motor Show 2019, hanya diproduksi terbatas 500 unit. Kendaraan ini dibanderol sekitar 163.335 dolar (sekira Rp2,4 miliar) untuk 100 mobil pertama bagi mereka yang beruntung.

Mobil ini menggunakan gril berbentuk V yang diapit oleh lampu depan yang ramping. Selain itu, lampu LED juga tersemat di bagian belakang yang mengikuti pola berbentuk V pada ujung depan, logo "VinFast" dan "President" yang terdapat di pintu belakang.

Mobil ini memiliki 18 warna cat eksterior yang dapat dikontraskan dengan aksen Logam Gun, Perak Metalik, Emas atau Tembaga yang dapat ditemukan di kedua ujung pintu, garis jendela, rel atap, dan roda.

Dalam sketsa interior, SUV ini yang menampilkan kulit Nappa premium dan trim kayu, dan yang terakhir mobil ini hadir dengan pola berbeda di setiap unit.

Mobil mewah ini juga dilengkapi dengan sistem infotainment 12,3 inci, cluster instrumen digital 7 inci dan audio premium dengan 13 speaker kelas atas.

President memiliki mesin V8 6.2 liter yang bersumber dari GM dengan tenaga mencapai 420 hp dan torsi maksimal mencapai 624 Nm yang dipasangkan dengan transmisi otomatis delapan kecepatan.

Wakil Direktur Jenderal, Nguyen Thi Van Anh mengatakan Presiden adalah lini produk yang mewakili kelas dan kualitas tinggi dari VinFast, hadirnya mobil ini juga merupakan sebuah penegasan kami kepada dunia atas kapasitas produksi mobil Vietnam.

"Kami ingin mendedikasikan produk yang luar biasa ini dan layanan terbaik VinFast untuk orang-orang Vietnam yang memiliki semangat perintis dan kuat. Itu juga alasan mengapa VinFast hanya memproduksi 500 mobil dalam jumlah terbatas untuk memastikan mahakarya ini layak untuk pemiliknya," kata dia seperti dikutip Antara.

Selain meluncurkan SUV di Vietnam, VinFast tetap fokus pada pengembangan kendaraan listrik guna mencapai target peluncurannya di Amerika Serikat pada 2021.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Fatkhul Maskur
Editor : Fatkhul Maskur
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper