Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group bisnis tv bisnismuda

Mercedes Benz G-Class, Mobil Offroad Tunggangan Sri Paus

Mercedes-Benz G-Class adalah mobil offroad terkenal buatan pabrikan Jerman. Tahukah Anda, bahwa mobil ini menjadi tunggangan Sri Paus? Paus Paulus II, juga Paus Benediktus XVI.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 16 Juli 2020  |  22:45 WIB
Paus Paulus II berada di "Popemobile" yang berbasis Mercedes-Benz 230 G dengan nomor registrasi SCV 7.  - DAIMLER
Paus Paulus II berada di "Popemobile" yang berbasis Mercedes-Benz 230 G dengan nomor registrasi SCV 7. - DAIMLER

Bisnis.com, JAKARTA - Mercedes-Benz G-Class adalah mobil offroad terkenal buatan pabrikan Jerman. Tahukah Anda, bahwa mobil ini menjadi tunggangan Sri Paus? Paus Paulus II, juga Paus Benediktus XVI.

Mercedes-Benz G-Class tahun ini merayakan usianya yang ke-40 tahun. Mobil ini mengantar Paus Paulus II saat kunjungannya pertama kali ke Jerman, 40 tahun silam.

Alih-alih diantar dengan limusin hitam biasa yang representatif, John Paul II menggunakan Mercedes-Benz 230 G putih pucat dengan detail emas.

Tentu ada modifikasi. Mercedes-Benz secara khusus mengembangkan dan memproduksi kendaraan ini (panjang: 4.392 milimeter, lebar: 1.950 milimeter, tinggi: 2.800 milimeter) untuk kunjungan Paus antara 15 dan 19 November 1980.

Awalnya, Mercedes-Benz memberikan model G-Class tersebut kepada Vatikan dengan status pinjaman.

Bagian belakang model G khusus ini memiliki bangku untuk Bapa Suci, yang dipasang pada panel lantai kontinu yang diangkat sebesar 40 sentimeter dan dilindungi oleh kubah transparan tinggi dari kaca.

Kubah kaca ini membuat Paus tetap mudah terlihat, pada beberapa kesempatan yang dihadiri ratusan ribu orang, baik ketika dia duduk atau berdiri.

Berbagai lampu diintegrasikan ke sisi, lantai, dan atap superstruktur, yang digunakan untuk memberikan pencahayaan langsung maupun tidak langsung dan memastikan Paus Roma tetap terlihat jelas bahkan dalam kegelapan.

Peralatan model G dengan jarak sumbu roda yang panjang mencakup elemen-elemen seperti unit pendingin udara otomatis yang kuat. Ini memastikan suhu sejuk di dalam kubah transparan, bahkan di musim panas, dan mencegah panelnya berkabut dalam hujan dan kondisi dengan tingkat kelembaban yang tinggi.

Kendaraan ini ditenagai oleh mesin bensin empat silinder menghasilkan 75 kW (102 hp). Transmisi otomatis dan sasis yang sangat nyaman menjamin suspensi yang mulus, bahkan di medan yang menantang.

Superstruktur Perspex dimaksudkan untuk melindungi Paus dari sejumlah unsur tanpa menghalangi pandangan para umatnya, dan pada awalnya dirancang sebagai unit yang dapat dilepas.

Pada 1981, menyusul adanya upaya pembunuhan, model G dikonversi dan dilengkapi dengan kaca antipeluru. Mercedes-Benz mengadaptasi peralatan G-Class kepausan dengan spesifikasi keselamatan Vatikan yang diperbarui pada 1983, dan sekali lagi pada 1985.

Perjalanan 40 tahun lalu adalah peristiwa khusus yang menandai pertama kalinya dalam hampir 200 tahun seorang kepala Gereja Katolik melakukan kunjungan ke Jerman.

Sorotan termasuk layanan di depan kerumunan besar umat di Theresienwiese di Munich, lapangan udara Finthen di Mainz dan di lokasi Butzweilerhof di Cologne.

Kendaraan kepausan baru secara meyakinkan menunjukkan kekuatannya di setiap medan, termasuk jalan yang berliku-liku. Kendaraan itu sendiri menjadi bintang sebagai hasil dari perhatian besar media yang diterimanya.

G-Class kemudian dikenal sebagai "Popemobile", dan menjadi moda transportasi kepausan John Paul II yang ikonik, menemaninya dalam banyak kunjungannya di seluruh dunia.

Lencana bintang Mercedes bahkan dihapus pada satu kesempatan kunjungan Paus ke Austria pada 1983. Popemobile dilengkapi dengan lencana Puch. Saat itu, model G, yang telah dikembangkan dan diproduksi sebagai proyek bersama Mercedes-Benz dan Steyr-Daimler-Puch, telah dipasarkan di Austria dengan merek ini.

Mercedes-Benz 230 G Popemobile 1980 bukan satu-satunya yang berbasis pada G-Class. Kendaraan kedua dengan fitur eksterior yang hampir identik dibuat pada awal 1982 berdasarkan model 230 GE, menghasilkan 92 kW (125 hp).

Kedua kendaraan off-road itu dari seri model 460, diperkenalkan pada 1979, sering dapat dibedakan pada foto-foto lama dengan nomor registrasi mereka. Model 230 G biasanya memiliki nomor registrasi SCV 7, adapun model 230 GE menampilkan nomor registrasi SCV 6.

Pada 1982, Mercedes-Benz secara permanen menyerahkan kedua kendaraan ke Vatikan. Popemobile pertama, dipamerkan di museum yang berbasis di Stuttgart, kembali ke kota Jerman selatan pada 2004 dan menjadi bagian dari koleksi Mercedes-Benz Classic sejak saat itu.

Pada November 2007, Paus Benediktus XVI mendapatkan G 500 putih mistik (seri model 463), yang menampilkan bodi terbuka dan kaca depan lipat. Pada audiensi di Vatikan, G-Class ini digunakan sebagai convertible sepenuhnya atau dengan bagian atap yang transparan dan tahan cuaca seperti saat kunjungan Paus Francis ke Brasil pada Juli 2013.

Mercedes-Benz 230 G Popemobile pada 1980-an telah menjadi sejarah panjang kendaraan kepausan Mercedes-Benz.

Awal sejarah ini sejak 1990 hingga 1930, ketika kendaraan kepausan telah dimulai dengan jenis Nürburg 460 (W 08), yang dibangun di departemen konstruksi bodi khusus di Sindelfingen.

Beberapa model kendaraan kepausan berikutnya adalah Mercedes-Benz 300 Landaulet (W 189, 1940), lalu Mercedes-Benz 600 Pullman Landaulet (W 100, 1945) sebagai kendaraan perwakilan Pontiff. Lalu ada saloon S-Class hingga M-Class.

Namun, publik tidak mengaitkan kendaraan kepausan lain ini sedekat dengan kunjungan Paus Yohanes Paulus II yang bepergian dengan Popemobile yang berbasis G-Class.

Sebagai bagian dari perayaan ulang tahun ke-40 G-Class, Popemobile asli ditampilkan di Museum Mercedes-Benz. Museum ini buka dari Jumat hingga Minggu, pukul 9 pagi hingga 6 sore. Pameran di ruang Koleksi 5 menceritakan sejarah G-Class dengan sebelas kendaraan dan pameran lainnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

vatikan paus Mercedes Benz G-Class
Editor : Fatkhul Maskur

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top