Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Standar Euro 4, Pertamina Fokus Edukasi Pertamax Turbo

Pertamina masih berfokus pada penyediaan Pertamax Turbo untuk bahan bakar mesin kendaraan ber-Standar Euro 4. Meski demikian, perusahaan juga siap menyediakan bahan bakar diesel Standar Euro 4, yang aturannya berlaku mulai April 2022.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 14 Juli 2020  |  17:30 WIB
Komisaris Pertamina, Condro Kirono bersama Direktur Pemasaran Retail Pertamina, Mas'ud Khamid menyapa konsumen supir truk pada saat pemantauan kesiapan Satgas RAFICO 2020 yang dilaksanakan di SPBU KM 228, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (20/5/2020). Istimewa - Pertamina
Komisaris Pertamina, Condro Kirono bersama Direktur Pemasaran Retail Pertamina, Mas'ud Khamid menyapa konsumen supir truk pada saat pemantauan kesiapan Satgas RAFICO 2020 yang dilaksanakan di SPBU KM 228, Cirebon, Jawa Barat, Rabu (20/5/2020). Istimewa - Pertamina

Bisnis.com, JAKARTA - Pertamina masih berfokus pada penyediaan Pertamax Turbo untuk bahan bakar mesin kendaraan ber-Standar Euro 4. Meski demikian, perusahaan juga siap menyediakan bahan bakar diesel Standar Euro 4, yang aturannya berlaku mulai April 2022.

VP of Corporate Communication PT Pertamina (Persero) Fajriyah Usman mengatakan saat ini BBM Pertamina yang setara dengan Euro 4 adalah Pertamax Turbo. Saat ini, Kilang Balongan sudah memproduksi BBM ber-Standar Euro 4.

"Nanti produksi Pertamax Turbo bisa ditingkatkan. Karena itu sekarang Pertamina banyak mengedukasi masyarakat. Jangan sampai nanti produksi banyak, tapi minat masyarakat masih kurang. Jadi tidak sesuai," ujar Fajriyah, Selasa (14/7/2020).

Dia menjelaskan pendekatan yang dipilih bervariasi, seperti edukasi melalui promosi langsung oleh Pertamina. Selain itu, saat ini sudah banyak pakar yang menjelaskan dampak positif penggunaan BBM yang berkualitas.

Pakar lingkungan hidup juga disebutnya turut mengedukasi masyarakat. "Kemudian juga kami lakukan pendekatan dengan promo dari sisi harga," ujarnya.

Dari distribusi, nantinya Pertamax Turbo akan mengikuti distribusi BBM lainnya, sehingga hal yang masih harus dikerjakan adalah kesadaran masyarakat untuk menggunakannya.

"Kami juga berikan promo cashback dalam rangka customer experience. Sangat penting untuk memberikan pengalaman kepada masyarakat yang terbiasa menggunakan BBM jenis rendah Ron, lalu mau pindah ke BBM yang lebih berkualitas," ujarnya.

Pemakaian BBM kategori Euro 4 bakal semakin diperkuat pada 2022 dengan pemberlakuan wajib standar emisi Euro 4 untuk kendaraan bermesin diesel.

"Pertamina siap memproduksi BBM dan nanti disesuaikan semuanya, bahkan hingga penyediaan Euro 5. Tapi sekarang tugasnya kita memperkuat edukasi," ujarnya.

Berikut ini produk bahan bakar Pertamina :

Bahan bakar bermesin bensin

1. Pertamax Racing.

Bahan bakar khusus kendaraan balap dan kendaraan yang memiliki kompresi mesin lebih tinggi dari 13:1. Memiliki oktan minimal 100.

2.Pertamax Turbo.

Dikembangkan Pertamina dan Lamborghini untuk memenuhi persyaratan mesin berteknologi tinggi. Pertama kali diluncurkan di Belgia pada 29 Juli 2016. Saat ini, Pertamax Turbo menuju standard Euro IV.

3. Pertamax

Bahan bakar dengan angka oktan minimal 92 berstandar international. Direkomendasikan untuk digunakan pada kendaraan yang memiliki kompresi rasio 10:1 hingga 11:1 atau kendaraan berbahan bakar bensin yang menggunakan teknologi setara dengan Electronic Fuel Injection (EFI).

4. Pertalite

Bahan bakar dengan angka oktan 90 serta berwarna hijau terang dan jernih ini sangat tepat digunakan oleh kendaraan dengan kompresi 9:1 hingga 10:1.

5. Premium

Bahan bakar dengan angka oktan minimal 88. Premium dapat digunakan pada kendaraan bermotor bensin dengan risiko kompresi rendah (dibawah 9:1).

Bahan bakar kendaraan bermesin diesel

1. Pertamina Dex

Disarankan untuk kendaraan diesel, terutama mesin modern berteknologi Common Rail System yang membutuhkan bahan bakar prima dan berkualitas tinggi. Kandungan sulfur rendah (kurang dari 300 ppm), angka cetane 53, serta memenuhi standar Euro 3.

2. Dexlite

Bahan bakar diesel terbaru Pertamina yang diluncurkan pada tanggal 15 April 2016. Memiliki angka cetane minimal 51 dan mengandung Sulfur maksimal 1200 ppm.

3. Solar

Bahan bakar diesel dengan angka cetane 48 sesuai untuk kendaraan bermesin diesel dengan teknologi lama dengan kandungan sulfur 2500 ppm.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

pertamina kilang balongan Pertamax Turbo Mesin Diesel
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top