Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Libatkan Karyawan, Volkswagen Uji Pengunaan Mobil Listrik ID.3

Volkswagen mulai menguji mobil sepenuhnya listrik ID.3 sebelum pengiriman model tersebut ke pasar secara resmi pada awal September 2020.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 23 Juni 2020  |  18:30 WIB
Model ID.3 adalah model pertama keluarga ID yang menggunakan sistem agensi. Selain ID.3, Volkswagen memiliki banyak model keluarga ID, yakni ID Crozz, ID Buzz, ID Vizzion, ID Buggy, dan ID Roomzz. - VOLKSWAGEN
Model ID.3 adalah model pertama keluarga ID yang menggunakan sistem agensi. Selain ID.3, Volkswagen memiliki banyak model keluarga ID, yakni ID Crozz, ID Buzz, ID Vizzion, ID Buggy, dan ID Roomzz. - VOLKSWAGEN

Bisnis.com, JAKARTA - Volkswagen mulai menguji mobil sepenuhnya listrik ID.3 sebelum pengiriman model tersebut ke pasar secara resmi pada awal September 2020.

Armada ID.3 dari Saxony terdiri dari 150 kendaraan yang akan tersedia untuk karyawan Volkswagen di pabrik Zwickau, Chemnitz dan Dresden dalam beberapa gelombang selama beberapa pekan mendatang.

Kendaraan uji belum dilengkapi dengan status perangkat lunak akhir yang ditunjuk dan akan menerima pembaruan rutin selama fase uji. Uji penggunaan sehari-hari dalam kondisi nyata bertujuan untuk menganalisis data anonim pada penggunaan dan perilaku mengemudi ID.3.

“Profil mengemudi komprehensif menjelang peluncuran ID.3 di pasar Eropa sangat berharga bagi kami dan membuka potensi lebih lanjut untuk optimasi,” kata Thomas Ulbrich, Anggota Dewan Merek Volkswagen untuk E-mobilitas, Senin (22/6/2020).

Dari uji tersebut, katanya, akan diperoleh umpan balik yang sangat pribadi dari karyawan. Artinya, karyawan tidak hanya membangun ID.3 dengan standar kualitas tertinggi, tetapi juga aktif membantu pengembangan lebih lanjut teknologi dan mobil listrik.

Robert Zergiebel, karyawan di pabrik Zwickau, mengaku sangat senang menjadi salah satu yang pertama yang menguji produk baru di jalan. "Saya yakin ID.3 akan menjadi eyecatcher nyata."

Axel Blechschmidt, karyawan di pabrik mesin Chemnitz, mengaku menantikan armada untuk karyawan perusahaan karena itu memberi kesempatan untuk menjadi yang pertama menguji ID.3. "Saya pikir sangat penting untuk memberikan tanggapan saya untuk mendukung pengembangan lebih lanjut dari mobil listrik ini."

Volkswagen menetapkan beberapa tolok ukur ID.3, yakni mobil pertama di dunia yang diproduksi dan dikirimkan dengan keseimbangan CO2 netral. Mobil listrik baru ini juga menawarkan karakteristik berkendara yang dinamis, jarak jauh dan banyak ruang interior.

Selain itu, dengan ID.3, Volkswagen membuat e-mobilitas terjangkau bagi jutaan orang. Dalam hal total biaya kepemilikan dan tergantung pada varian model, biaya akuisisi dan operasional untuk ID.3 berada pada level yang sama apabila dibandingkan dengan model mobil pembakaran dalam.

Volkswagen akan melakukan pengiriman ID.3 Edisi Pertama secara terbatas 30.000 unit pada awal September di Eropa. Setelah serbuan pertama, Volkswagen berencana menawarkan kendaraan listrik di semua segmen kendaraan utama pada 2022.

Tak hanya itu, Volkswagen juga telah menyerukan ambisinya menjadi pemimpin pasar dunia dalam mobilitas-e dalam beberapa tahun mendatang. Untuk itu, pabrikan mobil terbesar ini telah menginvestasikan €33 miliar di seluruh Grup hingga 2024, sebesar €11 miliar di antaranya diperuntukkan untuk merek Volkswagen saja.

Pada 2025, merek Volkswagen mengharapkan untuk menghasilkan 1,5 juta mobil listrik, dan tujuan jangka panjangnya pada 2050 adalah dekarbonisasi penuh armada.

Sebagai situs Volkswagen pertama, pabrik Zwickau telah dikonversi menjadi pabrik mobil listrik terbesar dan paling efisien di Eropa dan memainkan peran penting dalam transformasi jaringan produksi global Volkswagen.

Terlepas dari produksi di pabrik Zwickau, dan di Dresden dari 2021, pabrik komponen di Brunswick, Kassel, Salzgitter, dan Wolfsburg juga memasok suku cadang untuk ID.3, mengirimkan komponen-komponen utama seperti penggerak listrik atau sistem baterai.

Pabrik kendaraan di Emden dan Hanover juga sedang mengalami konversi dan dijadwalkan mulai membangun mobil listrik mulai 2022.

Produksi model selanjutnya dari keluarga ID. adalah SUV sepenuhnya listrik ID.4 di Zwickau tahun ini. Seperti ID.3, ID.4 juga akan diproduksi dengan keseimbangan CO2 netral dan karenanya akan diserahkan kepada pelanggan dengan jejak iklim-netral.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Mobil Listrik Volkswagen ID.3
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Terpopuler

Download Aplikasi E-Paper sekarang dan dapatkan FREE AKSES selama 7 hari!
qrcode bisnis indonesia logo epaper

BisnisRegional

To top