Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Kursi Peugeot : Teknologi Hiper di Bagian Sederhana

Peugeot, dengan meluasnya penggunaan i-Cockpit di hampir semua jajaran modelnya, telah merevolusi interior kendaraan dan secara khusus merawat joknya, yang kini menjadi semakin kompleks dan berteknologi.
Fatkhul Maskur
Fatkhul Maskur - Bisnis.com 11 Juni 2020  |  13:30 WIB
Kursi sekarang menjadi bagian dari layanan dasar pada kendaraan Peugeot. - Peugeot
Kursi sekarang menjadi bagian dari layanan dasar pada kendaraan Peugeot. - Peugeot

Bisnis.com, JAKARTA - Dalam industri otomotif yang sangat kompetitif, interior kendaraan menjadi bagian penting dalam proses pembelian pelanggan. Ini pula yang menjadi perhatian Peugeot.

Peugeot, dengan meluasnya penggunaan i-Cockpit di hampir semua jajaran modelnya, telah merevolusi interior kendaraan dan secara khusus merawat joknya, yang kini menjadi semakin kompleks dan berteknologi.

Peugeot, dalam keterangan pers yang dikutip Kamis (11/6/2020), menyebut tipe kursi tunduk pada batasan yang beragam dan sangat kuat. Itulah sebabnya kursi harus memenuhi beberapa harapan, yakni untuk menyampaikan citra visual berbeda dan dapat disesuaikan, serta untuk keselamatan dan kenyamanan.

Dan semua itu berbeda bagi pengendara, terutama tergantung pada area geografis pemasaran.

Beberapa Sejarah

Dalam rentang 60 tahun, kursi telah melewati tonggak teknologi penting. Pada 1955, penyesuaian kursi pertama (sandaran tanjakan-ketinggian, dll) muncul pada mobil yang diproduksi massal. Peugeot juga menghadirkan kursi tidur model andalannya saat itu: 403.

Adapun fitur akses kursi belakang, diluncurkan pada kendaraan komersial pada 1957. Inovasi lainnya lebih baru, seperti pembagian kursi bangku 2/3 1/3 (misalnya Peugeot 306) atau penambahan baris ketiga kursi yang dapat ditarik (Peugeot 5008).

Pada awal 2007, Peugeot memanfaatkan kesempatan peluncuran platform EMP2 baru untuk memulai pengembangan penguatan lintas untuk kursi depan. Ini adalah perkuatan crosswise modular pada versi pertama Peugeot 308 yang diluncurkan pada 2014. Rangkanya membuat kursi lebih ringan sekaligus meningkatkan keamanan dan kenyamanan. Kursi lebih ringan, lebih teknis, dan lebih murah.

Bingkai ini juga digunakan pada platform CMP dan diindustrialisasi di Eropa, China, dan Amerika Latin.

Wilayah Geografis

Kursi sekarang menjadi bagian dari layanan dasar pada kendaraan Peugeot. Ini adalah tantangan ekonomi yang kuat dengan biaya bisa mencapai ribuan euro. Ini karena kit kursi terdiri dari 150 bagian dan terdiri dari kursi pengemudi, kursi penumpang, dan kursi bangku belakang.

Tantangan beragam

> Perlawanan. Morfologi dan berat pelanggan sangat berbeda menurut pengguna;
> Wear and tear. Kursi akan aus ribuan kali selama beberapa tahun atau bahkan beberapa dekade;
> Temperatur. Di dalam kendaraan, bisa sangat dingin atau sangat panas.

Kenyamanan Berbeda

Di Eropa, permintaan difokuskan pada kenyamanan di bagian depan, dengan pelanggan yang menginginkan ketepatan dalam postur, dukungan lateral, dan dukungan setelah perjalanan panjang. Untuk kursi belakang, ide bisa lipat menjadi prefensi.

Di China, permintaan akan kenyamanan ada di baris pertama dan kursi belakang dengan pendekatan lembut dan sedikit dukungan lateral.

Untuk segmen atas, ini dilengkapi dengan harapan tinggi dalam hal peralatan dan aksesori di kursi belakang.

Di Amerika Selatan, permintaan untuk penyerapan getaran yang optimal dan kenyamanan di baris pertama dan kursi belakang.

DNA merek sebagai penanda visual dan sensorik

Dari sudut pandang pelanggan, kursi mobil harus memenuhi tiga fungsi prioritas dan penting: "Tempatkan, Kesenangan, dan Lindungi".

Sebagai satu dengan penghuni, mereka memberikan kontribusi penting pada tipologi kendaraan, yang khusus untuk setiap merek. Sejak 2013, berbagai merek PSA Group telah menetapkan strategi perbedaan yang dengan jelas mengekspresikan DNA masing-masing merek.
Pelanggan harus mengidentifikasi merek kendaraannya pada pandangan pertama dan perasaan pertama ketika mereka duduk di kursi.

Untuk Peugoet, pelanggan harus merasakan kursi dinamis, dan vertikal dengan dukungan yang lebih kuat.

Kursi Masa Depan

Kursi-kursi masa depan akan semakin dipengaruhi oleh mode pakaian. Warna dan bahan yang digunakan untuk jok kursi akan terinspirasi oleh tren utama dalam pakaian jadi dan perabotan.

Kesejahteraan juga merupakan bagian integral dari keprihatinan desainer. Inovasi terbaru termasuk integrasi kantung udara di busa untuk menyesuaikan kursi mobil dengan morfologi penumpang. Peugeot menawarkan, sebagai pilihan pada banyak kendaraan dalam jangkauan, sistem pijat punggung yang sangat dihargai oleh pelanggan karena mempromosikan relaksasi penumpang sementara mengaktifkan otot-otot punggung.

Di zaman mobil tanpa pengemudi ini, kursi akan menjadi jantung dari desain interior kendaraan lebih dari sebelumnya. Mereka harus menawarkan beberapa kemungkinan untuk mengubah kompartemen penumpang seperti dalam mobil konsep e-Legenda. Tujuannya, untuk mengubah waktu yang dihabiskan di dalam mobil menjadi momentum menyenangkan dan santai.

Pada saat itu, komposit sebagian akan menggantikan bingkai logam dari kursi untuk menawarkan lebih halus, sehingga membebaskan ruang di kompartemen penumpang.

Sejarah luar biasa dari kursi Peugeot jelas belum berakhir!

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

Peugeot Desain Interior
Editor : Fatkhul Maskur
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
0 Komentar

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top