Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Hankook Tire Klaim Ban AH30 Bisa Bikin Kendaraan Irit

Hankook Tire meluncurkan produk ban truck and bus (TBR) AH30, yang diklaim mampu menekan efisiensi biaya operasional kendaraan niaga.
Hankook Tire. /reuters
Hankook Tire. /reuters

Bisnis.com, JAKARTA - Hankook Tire meluncurkan produk ban truk and bus (TBR) AH30, yang diklaim mampu menekan efisiensi biaya operasional kendaraan niaga, terutama dalam unsur biaya tak tetap seperti konsumsi bahan bakar, oli, dan pemakaian ban.

National Sales Manager Truck and Bus Radial (TBR) PT Hankook Tire Sales Indonesia, Ahmad Juweni mengatakan meski pemakaian ban termasuk dalam biaya tidak tetap dalam operasional kendaraan, ada sejumlah perhitungan dan strategi yang dapat dilakukan pelaku usaha untuk menghemat biaya operasional kendaraan sejak tahap perencanaan biaya.

“Biaya ban seringkali tidak begitu dianggap berpengaruh pada biaya operasional karena biasanya pelaku usaha hanya memperhitungkan harga beli ban saja. Padahal, dengan strategi pemilihan produk dan penghitungan biaya yang tepat, sangat berpengaruh terhadap efisiensi biaya operasional kendaraan," tuturnya, baru-baru ini.

Ahmad memprediksi biaya ban dapat memakan sekitar 20 persen sampai dengan 25 persen dari proporsi biaya operasional kendaraan secara keseluruhan yang mencakup bahan bakar, oli, suku cadang dan biaya perawatan kendaraan lainnya. 

Dia mengungkapkan prediksi tersebut berlandaskan perhitungan harga satu unit ban dibagi jarak tempuh perjalanan yang ditargetkan. Kemudian, diperoleh biaya per kilometer untuk satu ban yang nantinya dikali dengan jumlah ban pada kendaraan tersebut. Adapun, penghitungan biaya penggunaan ban dilakukan dengan satuan cost per kilometer (CPK).

"Setelah mendapatkan forecast CPK, selanjutnya cermati lagi fitur-fitur pada ban agar bisa mendapatkan jarak tempuh yang paling maksimal. Karena fitur tersebut akan menentukan kualitas performa ban, juga usia ban,” ujar Ahmad.

Dengan memperhitungkan segala hal-hal tersebut, Ahmad mengatakan Hankook Tire meluncurkan produk ban truck and bus (TBR) AH30, penyempurnaan dari produk AH85. 

AH30 diklaim memiliki keunggulan desain struktural, sehingga menciptakan daya tahan terhadap panas yang lebih baik, tingkat daya tampung lebih tinggi, serta performa ban pada kemampuan pengereman, akselerasi, traksi, dan daya gesek. 

Ahmad mengungkapkan profil ban radial AH30 didesain serbaguna untuk semua posisi ban dan berbagai jenis operasional perusahaan angkutan, sehingga pelanggan dianggap tidak perlu khawatir untuk menghadapi berbagai kondisi permukaan jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Dionisio Damara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper