Cari berita
Bisnis.com

Konten Premium

Bisnis Plus bisnismuda Koran Bisnis Indonesia tokotbisnis Epaper Bisnis Indonesia Konten Interaktif Bisnis Indonesia Group Bisnis Grafik bisnis tv

Hankook Tire Klaim Ban AH30 Bisa Bikin Kendaraan Irit

Hankook Tire meluncurkan produk ban truck and bus (TBR) AH30, yang diklaim mampu menekan efisiensi biaya operasional kendaraan niaga.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 03 Juni 2020  |  13:42 WIB
Hankook Tire Klaim Ban AH30 Bisa Bikin Kendaraan Irit
Hankook Tire. - reuters
Bagikan

Bisnis.com, JAKARTA - Hankook Tire meluncurkan produk ban truk and bus (TBR) AH30, yang diklaim mampu menekan efisiensi biaya operasional kendaraan niaga, terutama dalam unsur biaya tak tetap seperti konsumsi bahan bakar, oli, dan pemakaian ban.

National Sales Manager Truck and Bus Radial (TBR) PT Hankook Tire Sales Indonesia, Ahmad Juweni mengatakan meski pemakaian ban termasuk dalam biaya tidak tetap dalam operasional kendaraan, ada sejumlah perhitungan dan strategi yang dapat dilakukan pelaku usaha untuk menghemat biaya operasional kendaraan sejak tahap perencanaan biaya.

“Biaya ban seringkali tidak begitu dianggap berpengaruh pada biaya operasional karena biasanya pelaku usaha hanya memperhitungkan harga beli ban saja. Padahal, dengan strategi pemilihan produk dan penghitungan biaya yang tepat, sangat berpengaruh terhadap efisiensi biaya operasional kendaraan," tuturnya, baru-baru ini.

Ahmad memprediksi biaya ban dapat memakan sekitar 20 persen sampai dengan 25 persen dari proporsi biaya operasional kendaraan secara keseluruhan yang mencakup bahan bakar, oli, suku cadang dan biaya perawatan kendaraan lainnya. 

Dia mengungkapkan prediksi tersebut berlandaskan perhitungan harga satu unit ban dibagi jarak tempuh perjalanan yang ditargetkan. Kemudian, diperoleh biaya per kilometer untuk satu ban yang nantinya dikali dengan jumlah ban pada kendaraan tersebut. Adapun, penghitungan biaya penggunaan ban dilakukan dengan satuan cost per kilometer (CPK).

"Setelah mendapatkan forecast CPK, selanjutnya cermati lagi fitur-fitur pada ban agar bisa mendapatkan jarak tempuh yang paling maksimal. Karena fitur tersebut akan menentukan kualitas performa ban, juga usia ban,” ujar Ahmad.

Dengan memperhitungkan segala hal-hal tersebut, Ahmad mengatakan Hankook Tire meluncurkan produk ban truck and bus (TBR) AH30, penyempurnaan dari produk AH85. 

AH30 diklaim memiliki keunggulan desain struktural, sehingga menciptakan daya tahan terhadap panas yang lebih baik, tingkat daya tampung lebih tinggi, serta performa ban pada kemampuan pengereman, akselerasi, traksi, dan daya gesek. 

Ahmad mengungkapkan profil ban radial AH30 didesain serbaguna untuk semua posisi ban dan berbagai jenis operasional perusahaan angkutan, sehingga pelanggan dianggap tidak perlu khawatir untuk menghadapi berbagai kondisi permukaan jalan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

otomotif hankook
Editor : Rio Sandy Pradana
Bagikan

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Lainnya

Berita Terkini

back to top To top