BMW Unjuk Powertrain Sel Berbahan Bakar Hidrogen

BMW Group mempresentasikan powertrain sel berbahan bakar hidrogen untuk mobil BMW I-Hydrogen NEXT, yang telah dipamerkan di Frankurt Motor Show pada September 2019.
Dionisio Damara
Dionisio Damara - Bisnis.com 31 Maret 2020  |  20:45 WIB
BMW Unjuk Powertrain Sel Berbahan Bakar Hidrogen
Logo BMW. - Reuters/Shannon Stapleton

Bisnis.com, JAKARTA - BMW Group mempresentasikan powertrain sel berbahan bakar hidrogen untuk mobil BMW I-Hydrogen NEXT, yang telah dipamerkan di Frankurt Motor Show pada September 2019.

Powertrain merupakan sistem pada mobil yang meneruskan tenaga dari mesin ke roda. Dengan presentasi teknologi sel berbahan bakar Hidrogen, BMW menegaskan kembali komitmennya untuk mengikuti jalur yang dipertimbangkan untuk mobilitas bebas emisi.

Klaus Fröhlich, Anggota Dewan Manajemen BMW AG bagian Penelitian dan Pengembangan, mengatakan sistem powertrain alternatif akan berdampingan satu sama lain di masa depan.

"Teknologi sel bahan bakar hidrogen cukup layak menjadi pilar keempat dari portofolio powertrain kami dalam jangka panjang," ujarnya seperti dikutip pada lamam resmi BMW, Selasa (31/3/2020).

BMW I-Hydrogen NEXT diklaim dapat menghasilkan sekitar 125 kW atau 170 daya kuda (DK) energi listrik yang dihasilkan dari reaksi kimia antara hidrogen dan oksigen sekitar. Dengan demikian, kendaraan tersebut hanya akan menghasilkan output uap air.

Kendaraan ini juga dilengkapi dengan dua tangki 700 bar yang dapat menampung enam kilogram hidrogen secara bersamaan. Sementara pengisian bahan bakar mobil ini diklaim hanya membutuhkan tiga hingga empat menit.

Kendati demikian, Klaus menilai bahwa potensi jangka panjang dari sistem powertrain sel bahan bakar harus dibarengi dengan ekosistem yang menunjang. Sementara infrastruktur yang diperlukan, seperti stasiun pengisian hidrogen masih sangat kurang di Eropa.

"Dalam pandangan kami, pertama-tama hidrogen sebagai pembawa energi juga harus diproduksi dalam jumlah jumlah yang cukup dan dengan harga yang kompetitif," tuturnya.

Sejak 2013, BMW telah bekerja sama dengan Toyota Motor Corporation dalam pembuatan teknologi sel bahan bakar. Adapun, pengembangan sel bahan bakar berasal dari Toyota, sementara BMW mengurus perakitan mesin.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
BMW, Mobil Hidrogen

Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.
Editor : Fatkhul Maskur
KOMENTAR


-->
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top