Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Jamin Produk untuk B30, Astra UD Trucks Juga Bersiap Hadapi B40

Astra UD Trucks sudah mengikuti uji coba B30 yang diadakan oleh Kementrian Perindustrian selama 149 hari dengan melintasi jalan dengan jarak tempuh 40.000 km. Perseroan pun tidak berkeberatan untuk penggunaan bahan bakar B40 yang telah diwacanakan penerapannya.
UD Trucks Kuzer. /UD Trucks
UD Trucks Kuzer. /UD Trucks

Bisnis.com, JAKARTA - PT Astra Internasional Tbk. - UD Trucks Sales Operation (Astra UD Trucks) memastikan seluruh produk kendaraan yang dipasarkan siap untuk memenuhi ketentuan mandatori biodiesel 30% yang mulai berlaku pada 1 Januari 2020.

Astra UD Trucks bahkan sudah mulai mempersiapkan diri untuk mengikuti ketentuan lanjutannya yang telah diwacanakan, yakni mandatori B40.

Kewajiban B30 diterapkan pemerintah melalui Kementerian ESDM setelah pada 2019 menjalankan mandatori B20 dalam campuran bahan bakar solar. Kebijakan B30 ini mengharuskan pencampuran 70% solar murni dengan minyak FAME yang dihasilkan dari kelapa sawit sebesar 30%.

Campuran ini diharapkan dapat mengurangi ketergantungan atas impor BBM jenis solar dan meningkatkan serapan sawit di dalam negeri mengingat pasar internasional tengah bergejolak.

"Kami dapat pastikan bahwa seluruh jajaran produk kami sudah siap dengan B30. Jadi tidak hanya Kuzer saja," ungkap Brand Manager UD Trucks Kuzer, Budi Rudianto di Serpong, Tangerang, Banten, Jumat (21/2/2020).

Dia juga menceritakan, pada 20 Mei 2019 UD Trucks juga sudah mengikuti uji coba B30 yang diadakan oleh Kementrian Perindustrian selama 149 hari dengan melintasi jalan Lembang, Karawang, Cipali, Subang dan kembali lagi ke Lembang dengan jarak tempuh 40.000 km.

"Kami juga sudah ikut uji tes B30 waktu itu sejauh 40.000 km dengan empat model truk kami dan memberikan hasil yang puas tanpa ada masalah pada saat pengujian," kata Budi.

Lebih lanjut Budi menegaskan bahwa Astra UD Trucks tidak berkeberatan untuk penggunaan bahan bakar B40 yang diwacanakan akan diterapkan setelah B30.

"Kalau berbicara tentang B40, kami saat ini juga sudah siapkan komponennya. Jadi, filter di tangki bahan bakar akan lebih diperhalus lagi agar B40 itu bisa dikonsumsi oleh produk kami," tegas dia.

Di Indoensia, UD Truck sudah mulai menjual produk mereka sejak 1984 dan saat ini memiliki beberapa produk seperti Kuzer RKE 4x2, Quester CQE 8x2, Quester CKE 4x2, Quester CQE 8x2, Quester CKE 4x2, Quester CDE 6x2, Quester CKE 4x2, Quester CDE 6x2, Quester CWE 6x4, Quester CDE 6x2, Quester CWE 6x4, dan Quester GKE 4x2.

Dalam kesempatan ini, UD Trucks secara resmi menyerahkan unit Kuzer RKE 150 WB 3350 HD yang telah memiliki (Surat Kendaraan Rancang Bangun) SKRB ke PT Jasa Berdikari Logistics di Astra Biz Center, Serpong, Tangerang Selatan pada acara Astra Auto Fest 2020.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Newswire
Sumber : Antara
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper