Dampak Virus Corona, 2 Pabrikan Otomotif Tunda Operasional Pabrik

Nissan Motor Co. dan Honda Motor Co. menunda operasional pabriknya yang berlokasi dekat dengan Wuhan sejalan dengan imbauan otoritas setempat. Pengoperasian fasilitas tersebut diundur hingga minggu kedua Maret 2020.
Newswire
Newswire - Bisnis.com 21 Februari 2020  |  20:55 WIB
Dampak Virus Corona, 2 Pabrikan Otomotif Tunda Operasional Pabrik
Hyundai Venue, crossover utility vehicle mengincar segmen entrepreneur muda. - Hyundai

Bisnis.com, JAKARTA - Sejumlah produsen otomotif global akhirnya menunda operasional fasilitas produksinya di China sebagai dampak penyebaran wabah virus corona (Covid - 19).

Salah satunya adalah Nissan Motor Co. yang akan menunda pengoperasian kembali dua pabriknya di China. Lokasi kedua fasilitas produksi itu berdekatan dengan pusat penyebaran virus coron yaitu di Wuhan, Provinsi Hubei.

Perusahaan menyebutkan bahwa penundaan pengoperasian kembali pabrik ini sesuai dengan arahan pemerintah setempat.

"Sesuai dengan arahan pemerintah di Provinsi Hubei, kami akan mempertimbangkan waktu pengoperasian kembali pabrik mengingat situasi pemasok kami," kata produsen mobil Jepang tersebut, Jumat (21/2/2020).

Lantaran banyaknya pabrik di China yang belum beroperasi yang menghambat pengadaan komponen, Nissan telah mengurangi produksi di beberapa fasilitas produksinya di Jepang.

Kendati begitu, Nissan mengklaim virus corona tidak berdampak pada pabrik global lainnya.

Produsen otomotif global lain, Honda Motor Co, juga telah menyatakan akan menunda pengoperasian pabrik perakitan di Wuhan hingga 11 Maret 2020.  Perpanjangan penutupan pabrik itu dilakukan setelah otoritas pemerintah meminta perusahaan untuk menjauhkan pekerja dari risiko penyebaran virus corona hingga 11 Maret.

Dalam sebuah pernyataan, produsen mobil Jepang itu mengatakan bahwa mereka berencana untuk memulai kembali operasi dan produksi di pabrik pada pekan kedua Maret itu. “Beberapa operasi di pabrik lain di China telah dimulai lagi minggu ini,” demikian pernyataan resmi Honda.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Virus Corona, otomotif

Sumber : Tempo

Editor : Oktaviano DB Hana
KOMENTAR


-->
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top