Bisnis.com
Epaper Bisnis Indonesia BIGStore Koran Bisnis Indonesia Bisnis Indonesia Group

Hankook Tire Bidik Kenaikan Pangsa Pasar pada 2020

Presiden Direktur Hankook Indonesia Yoonsoo Shin mengatakan bahwa pihaknya menargetkan persentase penjualan dapat mencapai digit ganda pada tahun ini.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 15 Januari 2020  |  14:41 WIB
Hankook Tire.  - reuters
Hankook Tire. - reuters

Bisnis.com, JAKARTA – PT Hankook Tire Sales Indonesia membidik kenaikan pangsa pasar domestik hingga dua digit pada 2020 dengan memperluas jaringan distributor serta berfokus pada segmen ban high-inch.

Presiden Direktur Hankook Indonesia Yoonsoo Shin mengatakan bahwa pihaknya menargetkan persentase penjualan dapat mencapai digit ganda pada tahun ini. Target ini meningkat dari realisasi kontribusi pasar domestik yang mencapai 8% pada 2019.

“Pada 2020, kami berupaya mencapai pertumbuhan yang stabil melalui tiga langkah utama, yang pertama, pemilihan fokus produk pada segmen ban high-inch. Kedua, perluasan jaringan distributor retail, dan yang ketiga, peluncuran produk baru yang khususnya diperuntukkan untuk kendaraan SUV [sport utility vehicle],” katanya melalui siaran pers, Rabu (15/1/2020).

Sepanjang 2019, penjualan Hankook di pasar domestik meningkat lebih dari 20% berdasarkan pendapatan. Shin menilai hal ini menjadi penanda meningkatnya antusiasme konsumen dalam negeri terhadap produk Hankook.

Hingga November 2019, data Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia) menunjukkan bahwa penjualan wholesales atau dari pabrik ke dealer baru mencapai 940.362 unit, terpaut cukup jauh dari total penjualan 2018 yang mencapai 1,15 juta unit. Daya beli yang lesu serta harga pasaran mobil yang cukup tinggi menjadi penyebab menurunnya permintaan di pasar domestik.

Kendati demikian, Shin mengatakan kondisi ini tidak terlalu berpengaruh bagi Hankook yang mengandalkan lini replacement equipment atau komponen pengganti. Strategi ini dinilai berhasil menjaga penjualan Hankook di pasar ritel.

Dia juga mengkatakan bahwa penjualan Hankook pada tahun lalu terbantu oleh hasil inovasi produk yang relevan dengan pasar Indonesia. Beberapa produk unggulan Hankook yang sudah beredar di pasaran, antara lain Ventus Prime3 (K125), Kinergy Eco2 (K435), Optimo (H724), Dynapro AT2 (RF11) dan Dynapro MT2 (RT05).

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :

hankook
Editor : Galih Kurniawan
Bisnis Indonesia bersama 3 media menggalang dana untuk membantu tenaga medis dan warga terdampak virus corona yang disalurkan melalui Yayasan Lumbung Pangan Indonesia (Rekening BNI: 200-5202-055).
Ayo, ikut membantu donasi sekarang! Klik Di Sini untuk info lebih lengkapnya.

Bergabung dan dapatkan analisis informasi ekonomi dan bisnis melalui email Anda.

Artikel Terkait



Berita Terkini Lainnya

BisnisRegional

To top