Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Pasar Menjanjikan, Produsen Otomotif Disarankan Berproduksi di Indonesia

Presiden Direktur PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia Choi Duk Jun mengatakan bahwa dengan lebih banyak pabrik yang didirikan di Indonesia, pasar kendaraan roda empat akan ikut berkembang.
Seorang pekerja tengah merakit komponen kendaraan di pabrik mobil. /Reuters
Seorang pekerja tengah merakit komponen kendaraan di pabrik mobil. /Reuters

Bisnis.com, JAKARTA – Mercedes-Benz Indonesia mengharapkan lebih banyak produsen otomotif global untuk mendirikan pabrik perakitan maupun produksi di Indonesia.

Presiden Direktur PT Mercedes-Benz Distribution Indonesia Choi Duk Jun mengatakan bahwa dengan lebih banyak pabrik yang didirikan di Indonesia pasar kendaraan roda empat akan ikut berkembang secara bersamaan.

“Tentunya saya harapkan tidak hanya pemain dari Jerman tapi pemain dari seluruh dunia, karena Indonesia adalah pasar yang besar dan masih ada ruang yang cukup buat masing-masing dari produsen, saya pikir kita bisa tumbuh bersama-sama,” katanya, Selasa (10/12/2019).

Dia mengatakan bahwa saat ini Mercedes-Benz memiliki pabrik seluas 410.000 meter persegi untuk merakit enam model kendaraan penumpang dan satu kendaraan komersial truk. Dia mengatakan ke depan pihaknya akan terus mengkaji peluang model baru yang akan dibawa ke Indonesia.

“Tentunya hal ini adalah proses yang berkelanjutan dan kami akan terus menganalisa market, dan jika nanti ada kesempatan kami akan membawa model baru, kami masih punya kapasitas yang mencukupi di sini,” ujarnya.

Beberapa model yang dinilai memiliki potensi pasar cukup besar untuk dirakit di Indonesia adalah model SUV GLA dan sedan CLA. Kedua model yang saat ini masih diimpor utuh mendapatkan respons yang cukup positif dari pasar Indonesia.

Melalui impor utuh, katanya, harga mobil ini menjadi lebih terjangkau dengan bea masuk yang lebih kecil. Namun, hal ini perlu memerlukan kajian lebih dalam karena merakit produk merupakan bagian strategi jangka panjang.

Adapun di pasar Indonesia, model sport utility vehicle (SUV) menjadi jenis produk Mercedes-Benz yang paling laris. Dia mengatakan bahwa dari setiap tiga mobil Mercedes-Benz yang terjual di Indonesia adalah satu di antaranya adalah model SUV.

Dia optimistis dengan New GLE dan New GLC yang dirakit secara lokal dan akan mulai optimal dipasarkan mulai tahun depan akan menjadi pendorong kinerja penjualan SUV Mercedes-Benz. Dia mengatakan bahwa saat ini kontribusi penjualannya mencapai sekitar 27%.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Editor : Galih Kurniawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper