IIMS Motobike Expo 2019 Resmi Dibuka, Ini Harapan Menperin

Menperin Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa saat ini industri sepeda motor berkontribusi cukup besar terhadap pertumbuhan ekonomi Tanah Air.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 29 November 2019  |  16:44 WIB
IIMS Motobike Expo 2019 Resmi Dibuka, Ini Harapan Menperin
Politisi partai Golkar yang juga mantan Menteri Sosial Agus Gumiwang melambaikan tangan saat tiba di Kompleks Istana Kepresidenan di Jakarta, Selasa (22/10/2019) - ANTARA FOTO/Puspa Perwitasari

Bisnis.com, JAKARTA - Gelaran Indonesia International Motor Show (IIMS) Motobike Expo 2019 diharapkan dapat mendorong kontribusi industri kendaraan roda dua terhadap pertumbuhan ekonomi Indonesia.

Ajang yang pertama kalinya digelar di Indonesia diadakan di Istora Senayan Jakarta, pada 29 November hingga 1 Desember 2019. Berbagai merek dan pelaku industri sepeda motor memamerkan produk andalannya di ajang ini.

Menteri Perindustrian (Menperin) Republik Indonesia Agus Gumiwang Kartasasmita mengatakan bahwa saat ini industri sepeda motor berkontribusi cukup besar terhadap pertumbuhan ekonomi Tanah Air.

Industri ini berhasil membuka lapangan kerja, mendorong ekspor, hingga mendarangkan investasi baru ke dalam negeri. Hal itu, lanjutnya, juga sejalan dengan pertumbuhan positif penjualan kendaraan sejak 2010 hingga 2018.

”Penjualan nasional sejak 2010 hingga 2018 mencapai 6,5 juta unit per tahun, di mana tentunya banyak komponen lokal yang tumbuh sejalan dengan produksi tersebut. Berdasarkan data, penggunaan konten lokal sudah di atas 90 persen," katanya, Jumat (29/11/2019).

Dia mengatakan bahwa pada periode 10 bulan pertama tahun ini jumlah produksi sepeda motor mencapai 6,2 juta unit.

Sebanyak 5,5 juta unit diserap untuk konsumsi dalam negeri dan sisanya menjadi kontributor ekspor Indonesia ke sejumlah negara, seperti Filipina, Thailand, Bangladesh, dan Vietnam.

Dia mengatakan bahwa pemerintah mencanangkan pada 2020 produksi kendaraan roda dua di Tanah Air dapat mencapai 10 juta unit dengan ekspor 1 juta unit.

Dia menuturkan pengembangan motor listrik juga diharapkan dapat mencapai 20% dari produksi sepeda motor listrik pada 2025. "Hal ini tentunya paralel dengan ambisi target pemerintah bahwa pada 2030 Indonesia menjadi pusat kendaraan listrik di Asean," tambahnya.

Dia menuturkan untuk mendukung percepatan peetumbuhan industri sepeda motor baik mesin cetus api maupun bermotor listrik, pemerintah memberikan sejumlah insentif perpajakan untuk para pelaku industri.

Hal ini diharapkan dapat menjadi momentum untuk bagi pabrikan untuk mengembangkan pusat penelitian dan pengembangan mereka di Indonesia.

"Mudah mudahan para produsen bisa menanfaatkan kebijakan pemerintah tersebut. Yang dan belum ada kegiatan produksi di indonesia saya kira ini waktunya untuk menyampaikan kepada prinsipalnya bahwa ini adalah waktu yang tepat untuk investasi," jelasnya.

Gelaran IIMS Motobike Expo 2019 diramaikan oleh sejumlah merek sepeda motor, antara lain Benelli, BMW Motorrad, Kawasaki, KTM, Piaggio, Yamaha, Honda, dan Lambreta.

Ada juga merek yang menawarkan suku cadang, aksesoris, hingga perlengkapan riding, seperti Astra Otoparts, Alpinestars, Brisk Busi, Deus, Shoei, dan V-Rossi.

Acara ini dibuka untuk umun dengan harga tiket masuk Rp25.000. Harga selama pegelaran tidak ada perubahan, termasuk untuk dua hari lainnya yang akan diselenggarakan pada akhir pekan.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
sepeda motor, kemenperin

Editor : Hendra Wibawa
KOMENTAR


-->
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top