Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Mitsubishi Jaga Pangsa Pasar di Tengah Perlambatan Domestik

Di tengah perlambatan pasar domestik, Mitsubishi Motors menargetkan dapat terus menjaga penguasaan pangsa pasar khususnya untuk model Pajero Sport dan Xpander.
Mitsubishi Motors/Reuters-Maxim Zmeyev
Mitsubishi Motors/Reuters-Maxim Zmeyev

Bisnis.com, JAKARTA – Di tengah perlambatan pasar domestik, Mitsubishi Motors menargetkan dapat terus menjaga penguasaan pangsa pasar khususnya untuk model Pajero Sport dan Xpander.

Mitsubishi mengklaim Pajero Sport meraih 45% pangsa pasar SUV, sementara Xpander pada level 28% untuk segmen LMPV.

Director of Sales & Marketing Division PT Mitsubishi Motors Krama Yudha Sales Indonesia (MMKSI) Irwan Kuncoro mengatakan pasar otomotif hingga September 2019 turun sekitar 10% dibandingkan dengan periode yang sama 2018.

Penjualan Mitsubishi juga sedikit melambat sehingga akan berupaya untuk menjaga pangsa pasar masing-masing segmen.

“Seiring dengan penurunan pasar, dia akan mengalami penurunan penjulan. Cuma yang penting kami pertahankan market share. Artinya, brand posisinya kami masih sustain, dari volume in line dengan pasar yang turun," ujarnya di sela-sela kegiatan Langit Biru Jakarta, Minggu (27/10/2019).

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) mencatat pengiriman kendaraan ke dealer (wholesales) selama Januari-September 2019 sebanyak 753.594 unit, turun 12% dibandingkan dengan periode yang sama 2018. Adapun, penjualan ritel tercatat 758.413 unit, turun 10,9% ketimbang periode yang sama 2018.

Pada periode ini Mitsubishi Motors mencatatkan penjualan wholesales sebanyak 91.743 unit, melambat 18,6% ketimbang periode yang sama 2018.

Angka penjualan ritel Mitsubishi Motors juga tidak jauh berbeda. Model Mitsubishi yang diandalkan untuk mendulang volume penjualan ialah Mitsubishi Xpander, pikap L300 dan Pajero Sport.

Irwan menyebutkan penjualan Xpander sedikit menantang karena pasar domestik yang melambat. Namun, Xpander masih mampu mempertahankan 28% pangsa pasar low multipurpose vehicle (LMPV).

"Pajero Sport kami masih nomor satu market share 45%-an, sementara Xpander masih menantang tapi market share kami cukup baik di level 28% karena penjualan September turun," tambahnya.

Irwan memprediksi penjualan kendaraan nasional akan sedikit meningkat pada akhir tahun. Peningkatan penjualan itu diharapkan berdampak kepada Mitsubishi Motor yang juga meningkatkan aktivitas penjualan pada akhir tahun.

Dia enggan mengomentari kejutan yang disiapkan Mitsubishi Motors untuk akhir tahun ini. Namun, dia tidak menampik bahwa pihaknya tengah menyiapkan kejutan akhir tahun untuk mengerek penjualan. "Mudah-mudahan ada kejutan akhir tahun. Kalau yang foto beredar itu tidak ada [komentar]," jelasnya.

Sebelumnya, beredar kabar selain menyiapkan program penjualan akhir tahun, Mitsubishi Motors tengah menyiapkan kejutan produk baru. Konon model yang disiapkan merupakan pengembangan dari Xpander yang disulap menjadi varian crossover untuk mengarap segmen pasar yang lebih luas.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper