Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

LAPORAN DARI JEPANG, Mitsubishi Motors Garap Kelistrikan di RI

Mitsubishi Motors Corporation (MMC) kian memperkuat komitmennya untuk tidak hanya memproduksi kendaraan berteknologi terkini ramah lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan pasar dunia, tetapi juga untuk penyediaan tenaga listrik.

Bisnis.com, TOKYO — Mitsubishi Motors Corporation (MMC) kian memperkuat komitmennya untuk tidak hanya memproduksi kendaraan berteknologi terkini ramah lingkungan yang sesuai dengan kebutuhan pasar dunia, tetapi juga untuk penyediaan tenaga listrik.

Komitmen tersebut kembali ditunjukkan oleh pabrikan otomotif dunia asal Jepang tersebut di ajang Tokyo Motor Show yang dimulai pekan ini dengan memperkenalkan model-model terbarunya. Namun disisi lain MMC juga mulai serius mengembangkan usaha di bidang penyediaan energi listrik bertenaga surya berbasis kendaraan.

Sistem kelistrikan yang diperkenalkan oleh MMC ini bahkan juga sudah mulai diuji coba di Indonesia, tepatnya di sebuah daerah di Sumba, Nusa Tenggara Timur, bekerja sama dengan Badan Pengkajian dan Penerapan Teknologi (BPPT) serta sebuah perusahaan swasta kelistrikan asal Jepang.

"Proyek percontohan sudah kami mulai di Sumba mulai tahun 2018 dan akan berlangsung sampai tahun depan," ujar Tadahiro Togami, Manager EV Solution Dept. Product Strategy Division MMC, kepada Bisnis, Selasa (22/10/2019) di sela-sela acara kunjungan pers Indonesia ke MI-Garden.

MI-Garden merupakan ruang pamer khusus yang konsepnya dirancang untuk membangun dan sekaligus merasakan brand experience, sentuhan teknologi, dan gaya hidup.

Menurut dia, perkembangan uji coba di Indonesia sejauh ini berjalan positif dan Mitsubishi berharap proyek tersebut dapat berlanjut ke tahap yang lebih konkret sebagai alternatif penyediaan sumber energi.
"Ada sekitar lima tenaga dari Jepang yang ikut terlibat dalam proyek uji coba tersebut," kata Tadahiro.

Di Jepang sendiri layanan energi dari Mitsubishi tersebut terbilang anyar karena baru dioperasikan awal bulan ini bernama Dendo Drive House dengan mendirikan semacam diler khusus di sejumlah kota, termasuk Tokyo.

Saat ini sudah terdapat sedikitnya 65 gerai yang menyediakan sistem Dendo di Jepang. Hingga 2021 MMC menargetkan penambahan jaringan gerai atau diler Dendo menjadi sebanyak 200 buah.

Pada prinsipnya Dendo merupakan sistem penyediaan listrik berbasis kendaraan Mitsubishi, dalam hal ini Outlander PHEV. MMC berharap sistem ini dapat efektif membantu penyediaan tenaga listrik bagi masyarakat Jepang, termasuk ketika dalam kondisi darurat akibat bencana alam. Dengan Dendo, sejumlah peralatan listrik rumah tangga dapat difungsikan.

Sebelumnya di tempat yang sama, Fumito Ueyanagi, Global Marketing & Sales Division, Overseas Network Development Dept, dan Naoya Oshiumi, Chief Product Specialist MMC, mengemukakan panjang lebar mengenai komitmen pabrikan tersebut untuk senantiasa menghasilkan produk berteknologi tinggi, kuat secara brand serta mengusung gaya hidup modern.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Inria Zulfikar
Editor : Miftahul Ulum

Topik

Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper