Dukung Adopsi B30, KTB Tunggu Hasil Uji Jalan

PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mengatakan bahwa berdasarkan pengujian yang dilakukan saat ini tidak ada kendala berarti pada model Colt Diesel 4 ban dalam menggunakan bahan bakar B30.
Ilman A. Sudarwan
Ilman A. Sudarwan - Bisnis.com 01 Oktober 2019  |  10:22 WIB
Dukung Adopsi B30, KTB Tunggu Hasil Uji Jalan
Petugas memperlihatkan contoh bahan bakar biodiesel saat peluncuran Road Test Penggunaan Bahan Bakar B30 (campuran biodiesel 30% pada bahan bakar solar) pada kendaraan bermesin diesel, di Jakarta, Kamis (13/6/2019). - Bisnis/Abdullah Azzam

Bisnis.com, JAKARTA - PT Krama Yudha Tiga Berlian Motors (KTB) mengatakan bahwa berdasarkan pengujian yang dilakukan saat ini tidak ada kendala berarti pada model Colt Diesel 4 ban dalam menggunakan bahan bakar B30.

Report terakhir saya belum dapat laporan dari tim saya, apakah tesnya sudah selesai dari jumlah kilometer yang harus ditempuh atau belum, tapi kalau tidak salah memang schedule akhir September. Tapi sampai situasi terakhir yang saya tahu produk itu tidak ada masalah,” kata Direktur Pemasaran dan Penjualan KTB Duljatmono kepada Bisnis, Senin (30/9/2019).

Duljatmono memastikan seluruh truk yang diproduksi sejak 2016 dipastikan dapat menggunakan bahan bakar B20. Namun, untuk penggunaan B30 pihaknya masih perlu melakukan pengujian ulang dengan mengandalkan laporan dari uji jalan terhadap model yang diuji bersama Kementerian ESDM.

Dia menjelaskan, seluruh model itu telah dilengkapi dengan saringan ganda agar dapat menggunakan B20. Modifikasi penambahan saringan ganda itu berfungsi untuk menjaga mesin agar tidak cepat kotor saat menggunakan bahan bakar itu.

Menurutnya, truk yang diproduksi sebelum 2016 juga tinggal melakukan modifikasi yang sama agar dapat menggunakan B30. Dia menambahkan, saat ini saringan ganda itu dapat dengan mudah didapatkan pemilik truk di pasar.

Dia berharap persiapan tidak hanya dilakukan oleh APM, tetapi juga oleh pihak lain yang terlibat dalam pelaksanaan B30 kelak. Pertamina misalnya, diminta memastikan ketersediaan B30 dapat memenuhi kebutuhan pada tahun depan.

“Kita sama-sama menunggu dan mempersiapkan harus seperti apa. Sekarang persiapanya kan masih proses, intinya kita support pemerintah, dan kita mesti persiapkan diri menyambut itu. Kalau sudah mendekati implementasi, mendekati Januari, baru bisa cerita sejauh mana kesiapannya,” ujarnya.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
biosolar

Editor : Galih Kurniawan
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top