Esemka Bisa Jadi Anggota Gaikindo Asal Diakui Kemenperin

Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menegaskan terbuka kepada semua merek yang ingin bergabung dalam asosiasi otomotif tersebut termasuk Esemka.
Thomas Mola
Thomas Mola - Bisnis.com 26 Agustus 2019  |  15:45 WIB
Esemka Bisa Jadi Anggota Gaikindo Asal Diakui Kemenperin
Logo Esemka - Bisnis/Thomas Mola

Bisnis.com, JAKARTA – Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) menegaskan terbuka kepada semua merek yang ingin bergabung dalam asosiasi otomotif tersebut termasuk Esemka. Syaratnya ialah merek otomotif tersebut telah mendapatkan pengakuan dari Kementerian Perindustrian (Kemenperin).

Ketua I Gaikindo Jongkie D. Sugiarto mengatakan, Gaikindo mengundang semua merek untuk terlibat dalam asosiasi sehingga dapat memperjuangkan kepentingan bersama melalui Gaikindo sebagai mitra pemerintah.

"Sepanjang merek tersebut sudah mendapat pengakuan dari Kementerian Perindustrian, berarti dia sudah resmi menjadi agen pemegang merek [APM] di Indonesia. Ada surat pengakuan itu, kami terima," ujarnya di Jakarta, baru-baru ini.

Jongkie menuturkan, Esemka dipersilahkan jika ingin bergabung ke Gaikindo. Melalui wadah asosiasi, katanya, APM bisa memberikan masukkan kepada pemerintah agar dalam menentukan kebijakan di industri otomotif bisa sejalan dengan tren industri.

"Nanti kalau kita enggak beri masukan, pemerintah buat aturan lalu enggak jalan, buat apa," katanya.

Nama Esemka kembali mencuat setelah menyatakan akan merilis dua model pikap dalam waktu dekat. Pihak Esemka menolak disebut mobil nasional, dan merasa lebih tetap disebut sebagai mobil produksi dalam negeri.

Merek Esemka bakal diproduksi oleh PT Solo Manufaktur Kreasi (SMK) yang berbasis di Boyolali, Jawa Tengah. Esemka berencana meluncurkan pikap Bima 1.2 dan Bima 1.3 yang tercatat telah lulus uji tipe di Kementerian Perhubungan belum lama ini.

Simak berita lainnya seputar topik artikel ini, di sini :
Mobil Esemka

Editor : Galih Kurniawan
KOMENTAR


-->
KOMENTAR


0 Komentar
Urut berdasarkan

Berita Terkait



Berita Terkini Lainnya

Top