Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Usung Fitur Baru, Hino Uji Jalan Bus RN dan FC Bus

Uji jalan dilakukan untuk memperkenalkan fitur maupun pengembangan terbaru kendaraan Hino.
Hiroo Kayanoki, Presiden Direktur Hino Motors Sales Indonesia/HMSI
Hiroo Kayanoki, Presiden Direktur Hino Motors Sales Indonesia/HMSI

Bisnis.com, JAKARTA – PT Hino Motors Sales Indonesia (HMSI) menggandeng pengusaha otobus (PO) di Jawa Barat untuk uji jalan Hino Bus RN 285, FC Bus dan Microbus 110SDBL. Kegiatan itu diikuti oleh lebih dari 70 PO yang bergerak di bidang transportasi maupun pariwisata.

Hiroo Kayanoki, Presiden Direktur HMSI mengatakan, Hino berupaya untuk memberikan nilai lebih kepada pengusaha otobus sehingga pengguna dapat memaksimalkan keuntungan menggunakan bus Hino.

“Bus Hino selalu kami optimalkan untuk memberi nilai lebih bagi pengusaha bus, sehingga para customer dapat memaksimalkan keuntungan untuk kemajuan bisnis mereka sekaligus meminimalkan biaya operasional,” ujarnya dalam keterangan resmi, Minggu (18/9/2019).

Pada uji jalan kali ini, Hino bekerja sama dengan dealer resmi di Jawa Barat, PT Indosentosa Trada (IST) dan PT Maya Graha Indah (MGI), mengambil rute dari Hotel Holiday Inn Pasteur menuju kawasan Lembang. Uji jalan dilakukan untuk memperkenalkan fitur maupun pengembangan terbaru dari FC Bus.

Perubahan yang paling tampak ialah jika sebelumnya menggunakan ban dan pelek 8,25 R16, kini FC Bus menggunakan ban dan pelek 9,5 dan R 17,5 untuk menambah kenyamanan dalam berkendara. Dengan perubahan ban dan pelek ini, gap antara brake drum dan velg menjadi lebih besar sehingga sirkulasi udara panas pada ban menjadi lebih baik.

Pada Microbus 110 SDBL, Hino memberikan bodi kendaraan yang lebih besar guna menambah kenyamanan bagi penumpang karena jarak antar tempat duduk dapat diatur lebih luas sehingga penumpang tidak mudah lelah selama perjalanan. Dimensi rangka lebih panjang membuat kapasitas penumpang menjadi lebih banyak hingga 19 tempat duduk.

Selain itu dengan rangkanya yang panjang membuat karoseri dapat mendesain bodi bus dengan bagasi yang lebih luas. Bodi yang luas diklaim menjadi solusi untuk travel atau pariwisata dalam mengangkut barang–barang wisatawan yang banyak, di mana kapasitas bagasi dapat diisi sampai 21 koper yang berukuran sesuai dengan yang diperbolehkan dalam kabin pesawat.

Uji jalan Hino di Jawa Barat juga menjadi ajang untuk memperkenalkan transmisi baru dari Hino Bus RN 285 yang saat ini menggunakan tipe ZF6S1010B0 over drive yang diklaim lebih bertenaga dan hemat bahan bakar. Hino Bus RN 285 juga memiliki retarder transmission yang membantu proses pengereman menjadi lebih aman bagi penumpang dan juga pengemudi.

Keuntungan lainnya dengan penggunaan retarder ini adalah mengurangi lelah pengemudi karena frekuensi mengijak pedal rem yang berkurang sehingga berdampak juga terhadap penghematan penggunaan kanvas rem untuk menghemat biaya operasional pengusaha bus.

Bus RN merupakan salah satu bus andalan di jalur Trans Jawa. Hino telah melakukan uji jalan untuk tipe Hino Bus RN 285, dari terminal Pulo Gebang, Jakarta sampai terminal Purbaya, Surabaya pergi-pulang untuk mengukur kinerja mesin.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News dan WA Channel


Penulis : Thomas Mola
Editor : Galih Kurniawan
Konten Premium

Dapatkan informasi komprehensif di Bisnis.com yang diolah secara mendalam untuk menavigasi bisnis Anda. Silakan login untuk menikmati artikel Konten Premium.

Artikel Terkait

Berita Lainnya

Berita Terbaru

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

# Hot Topic

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Rekomendasi Kami

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Foto

Nyaman tanpa iklan. Langganan BisnisPro

Scan QR Code Bisnis Indonesia e-paper